Walkot Tanjungbalai Dekati Pimpinan KPK, Ketua Dewas: Kami Periksa

detikTV, detikTV - detikNews
Kamis, 29 Apr 2021 04:42 WIB
Jakarta -

Ketua Dewan Pengawas (Dewas) KPK, Tumpak Hatorangan Panggabean sudah mendengar kabar terkait salah satu pimpinan KPK yang dihubungi Wali Kota Tanjungbalai, M. Syahrial. Informasi itu akan segera ditindak lanjuti dengan anggota lainnya.

"Saya sudah dengar, ini hari sudah saya baca dari detik. Sumbernya dari Maki, dan tentunya akan kami lakukan pemeriksaan karena kami juga akan lakukan pemeriksaan terhadap penyidik termasuk juga wali kotanya," ujar Tumpak dalam obrolan eksklusif dengan Pimred Detikcom Alfito Deannova di acara d'Rooftalk, Selasa (27/4/2021).

Wali Kota Tanjungbalai M.Syahrial disebut Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman sempat menghubungi salah Pimpinan KPK Lili Pintauli Siregar. Namun belum diketahui apakah komunikasi itu ditanggapi atau ditindaklanjuti pimpinan KPK.

Boyamin sendiri meminta Dewan Pengawas KPK memeriksa kabar tersebut. Kalaupun terbukti kabar komunikasi yang dilakukan Wali Kota M.Syahrial dengan pimpinan KPK Lili Pintauli, harus dijatuhkan sanksi.

"Kalau memang ada indikasi yang kuat kita akan lakukan pemeriksaan, kenapa tidak ? ketua saja kita lakukan pemeriksaan," ungkap Tumpak.

M. Syahrial sendiri merupakan tersangka dalam kasus dugaan suap terhadap penyidik KPK, AKP Stephanus Robin Pattuju. Komunikasi itu diduga terkait dengan penyelidikan kasus dugaan korupsi lelang jabatan di Pemerintah Kota Tanjungbalai tahun 2020 - 2021.

(edo/hnf)