Ade Armando Soal Pamer Kemewahan Atta Dkk: Teladan Buruk di Tengah Masyarakat

detikTV, detikTV - detikNews
Rabu, 21 Apr 2021 13:24 WIB
Jakarta -

Pakar komunikasi Ade Armando mengaku keresahannya terhadap konten pameran kemewahan sejumlah selebritas dan youtuber dalam konten video berjudul 'Atta, Raffi, Andre, Hentikanlah Pameran Kemewahan Ini' berawal dari pernikahan Atta Halilintar dengan Aurel Hermansyah. Pernikahan itu disiarkan langsung oleh stasiun televisi dan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Setelah pernikahan, konten youtube Atta saat bulan madu ke Bali yang menggunakan jet pribadi mendorong Ade dan rekan-rekannya memperhatikan lebih spesifik ke Atta karena penonjolan gaya hidup mewah.

"Banyak sekali teori-teori yang bicara tentang bahaya atau ketidakpantasan dari gaya hidup mewah dalam sebuah masyarakat yang masih punya karakter kesenjangan kaya dan miskin yang tinggi. Jadi ketika itu saya mulai merasa bahwa ini kayanya udah enough is enough-lah, udah selesai. Atta harus dikasih tahu, dan bukan hanya Atta, disitu ada Raffi, saya juga menyebut Andre Taulany, Nikita dan seterusnya," ujar dosen ilmu komunikasi Universitas Indonesia (UI) itu dalam program D'Rooftak: 'Artis Pamer Kemewahan, Bahaya?' yang disiarkan detikcom (20/4).

Ade menegaskan bahwa konten gaya hidup yang ditampilkan Atta termasuk tidak sehat. Terlebih Atta memiliki penonton dengan jumlah yang luar biasa hingga mencapai 27 juta penonton.

"Jadi kalau Atta melakukan ini akan menjadi teladan yang buruk. Jadi saya kembali menjadi seorang dosen yang harus mengingatkan bahwa ga baik ini, stop ini semua. Anda jadilah seorang youtuber, saya kan tidak meributkan bahwa dia ashiap dan seterusnya, bukan itu yang saya persoalkan. Yang saya persoalkan adalah pameran kemewahannya," tegas Ade.

Sementara menanggapi respon Atta terhadap kritikannya, Ade yakin bahwa Atta tersinggung bukan karena menonton konten video Ade, melainkan karena ramai dibicarakan dan menjadi viral.

Sebelumnya, Atta sendiri menanggapi kritikan Ade melalui unggahannya di Instagram. Atta mempertanyakan mengapa hanya video naik jet saat bulan madu saja yang dibahas Ade. Menurutnya banyak konten positif lain yang juga ditampilkan lewat youtube-nya. Selain itu, Atta juga menulis bagaimana jika jet pribadi dan mobil-mobil yang dipakai adalah merupakan bentuk endorsement, pinjaman atau dealing suatu brand.

(hnf/hnf)