Video 20Detik

Cekcok Menlu Turki-Yunani di Konferensi Pers

detikTV, dtv - detikNews
Jumat, 16 Apr 2021 13:14 WIB
Jakarta -

Sebuah pertemuan yang bertujuan meningkatkan hubungan antara sekutu NATO Yunani dan Turki berubah menjadi keributan saat konferensi pers (konpers). Kedua negara yang saling bertetangga ini berselisih sengit.

Mereka adalah Menlu Turki, Mevlut Cavusoglu, dan Menlu Yunani, Nikos Dendias, yang terlibat cekcok saat konpers. Keduanya ribut saat membahas berbagai isu dalam upaya memperbaiki hubungan.

"Posisi Yunani jelas. Di Laut Aegea dan di Mediterania timur, Turki telah melanggar hukum internasional dan Konvensi Hukum Laut. Dan tidak hanya itu, itu telah melanggar hak kedaulatan Yunani. Ini telah membuat 400 penerbangan melintasi wilayah Yunani. Mevlut, di atas wilayah Yunani. Tidak ada ketentuan yang mengizinkan penerbangan di atas wilayah Yunani. Saya tidak berbicara tentang laut," ujar Dendias.

Dalam pernyataannya, Nikos Dendias sayangnya membuat beberapa tuduhan yang sangat tidak dapat diterima terhadap negara saya. Dia mengatakan Turki melanggar hak kedaulatan Yunani. Kami tidak mungkin menerima ini. Turki berkewajiban untuk melindungi haknya sendiri, terutama di Mediterania Timur, dan orang-orang Turki Siprus; semua langkah yang kami ambil ditujukan untuk melindungi hak-hak kami," balas Mevlut.

(/)