Video 20Detik

Pesawat Kargo 'Jumbo' Antonov Mendarat di Yogya, Angkut Ekspor ke AS

detikTV - detikNews
Rabu, 10 Mar 2021 21:03 WIB
Yogyakarta -

Pesawat kargo terbesar kedua di dunia, Antonov AN124-100, mendarat di Yogyakarta International Airport (YIA), Rabu (10/3/2021). Kedatangan pesawat berkapasitas muatan 150 ton tersebut untuk mengangkut komoditas ekspor dengan tujuan Columbus (LCK), Amerika Serikat.

Pendaratan ini mundur dari jadwal pertama yaitu Selasa (9/3). Kedatangan pesawat berkapasitas muatan 150 ton tersebut untuk mengangkut komoditas ekspor kargo dengan tujuan Columbus (LCK) Amerika Serikat.

"Hari ini YIA menerbangkan 62 ton kargo dengan komoditas Wire Harness (kabel) ke Columbus Amerika Serikat. Dari sisi kesiapan bandara, YIA memiliki PCN (Pavement Classification Number) atau perkerasan runway, taxiway, dan apron yang lebih besar daripada yang diperlukan untuk kebutuhan pendaratan dan penerbangan pesawat Antonov AN124-100," kata Pelaksana Tugas General Manager YIA, Agus Pandu Purnama, Rabu (10/3).

Persiapan matang telah dilakukan untuk menyambut pesawat buatan Rusia ini. Mulai dari sisi udara maupun sisi darat. Pun halnya dengan kesiapan loading kargo yang dimulai dari proses kedatangan pada Minggu (7/3).

Lalu pemeriksaan barang kargo, hingga proses labeling security, customs check, dan penempatan barang kargo di area steril.

"Pesawat mendarat dengan selamat pukul 09.42 dan take off untuk langsung membawa kargo pukul 16.55," kata Agus Pandu.

(/)