Video 20Detik

Momen Jokowi Salati Jenazah Almarhum Artidjo Alkostar

detikTV, dtv - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 10:24 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi penghormatan terakhir kepada mendiang Artidjo Alkostar. Jokowi hadir melihat langsung janazah almarhum yang disemayamkan di Kampus Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta.

Setibanya di Kampus UII, Jokowi turut menyalatkan jenazah almarhum Artidjo Alkostar di masjid Ulil Albab. Tampak pula dalam jemaah, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

Usai salat, Kepala Negara mengucapkan rasa duka cita yang mendalam atas berpulangnya Almarhum Artidjo Alkostar. Bagi Jokowi, Indonesia kehilangan putra terbaik bangsa.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Kita kehilangan seorang putra terbaik bangsa, seorang yang hidupnya diabdikan untuk penegakan hukum, berintegritas tinggi dan jujur. Selamat jalan Bapak Artidjo Alkostar,", ucap Jokowi, Senin (1/3/2021).

Artijo Alkostar meninggal dunia pada Minggu (1/3/2021), di usia 72 tahun. Di mata Jokowi, sosok mantan Hakim Agung dan Dewan Pengawas KPK itu memiliki integritas yang tinggi dalam menjaga marwah hukum.

"Beliau adalah penegak hukum, hakim agung, dan Dewan Pengawas KPK yang sangat rajin, jujur, memiliki integritas yang tinggi," tuturnya.

Pemakaman Almarhum Artidjo Alkostar akan digelar pukul 10.00 WIB di Kompleks Pemakaman UII. Baik pimpinan KPK, Ketua dan anggota Dewas KPK, serta sejumlah pejabat struktural KPK lainnya diagendakan hadir dalam pemakaman.

(/)