Video 20Detik

Jhoni Allen: SBY Bukan Pendiri Partai Demokrat

detikTV, dtv - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 08:29 WIB
Jakarta - Mantan anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, Jhoni Allen Marbun, menyatakan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bukanlah pendiri Partai Demokrat. Jhoni juga mengatakan Demokrat sudah dicap sebagai partai dinasti sejak kongres luar biasa (KLB) pertama di Bali pada 2013.

"Ini baru pertama kali di Indonesia bahkan di dunia, untuk pertama kali partai politik bapaknya SBY ketum anaknya sekjen. Sejatinya SBY telah melakukan pengingkaran fakta sejarah lahirnya Partai Demokrat,"

Jhoni Allen Marbun bercerita, dirinya menjadi bagian dari pendiri dan semua kader di seluruh Indonesia telah bersusah payah meloloskan Partai Demorkat untuk menjadi peserta Pemilu 2004. Namun, SBY sama sekali tidak ikut berkeringat dan berdarah-darah melewati masa-masa itu.

"Demi Tuhan saya bersaksi, bahwa SBY tidak berkeringat sama sekali apalagi berdarah-darah sebagaimana pernyataannya di berbagai kesempatan,"

Jhoni menambahkan SBY baru bergabung setelah Partai Demokrat lolos verifikasi KPU. Usai bergabung, SBY langsung memasukan istrinya, Ani Yudhoyono, sebagai akil ketua umum.

Jhony juga menyebut SBY baru muncul di hadapan kader partai setelah mundur dari jabatan menteri di kabinet Presiden Megawati Soekarnoputri. Bahkan, menurut Joni kala itu SBY sebatas menyumbang uang Rp100 juta. Uang itu digunakan untuk membayar hotel.

"Dan hanya menyumbang uang Rp100 juta dalam bentuk empat travel check di hotel Lirah Bogor. Pak SBY setelah mundur dari kabinet ibu Megawati baru muncul pada acara PD di Hotel Kinasih di Bogor saat itu saya ketua panitianya," tambah Jhoni Allen Marbun. (/)