Video 20Detik

Melihat Penampakan Ikan Hiu Berwajah Mirip Manusia

detikTV, dtv - detikNews
Rabu, 24 Feb 2021 16:47 WIB
Jakarta - Penemuan ikan hiu mirip wajah manusia menghebohkan media sosial. Ikan tersebut ditemukan oleh seorang nelayan, Abdullah Feroh, di Desa Papela, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pria berusia 48 tahun itu mengaku ikan jenis hiu terjaring pukatnya saat melaut di sekitar perairan Rote Ndao, Sabtu malam(21/2/2021). Ikan tersebut memiliki dua mata bulat serta mulut yang menyerupai manusia.

"Saya pakai jaring dapat induknya. Ada 1 ekor induknya tapi bunting. Ada dua anak dalam perutnya. Satunya normal, satunya bentuknya seperti manusia," kata Feroh saat dihubungi detikcom, Rabu (24/2/2021).

Menyadari keanehan ikan tangkapannya, Feroh lalu membawa pulang ikan bermata besar itu. Feroh kemudian mencoba mengawetkan ikannya.

Saat mencoba mengawetkan, Feroh menyadari hiu itu dalam keadaan hamil. Ia mencoba membelah perut ikan dan menemukan dua ekor anak hiu di dalam perut induknya.

Dari pengamatan Feroh, mata dua anak hiu juga terlihat bulat seperti induknya. Posisi mata ikan berada pada bagian bawah tubuh, sejajar dengan mulutnya. Sebagaimana diketahui, umumnya mata hiu berada pada bagian samping kepala.

"Itu matanya asli (di bawah), tidak diedit. Yang satu lagi normal, matanya di samping kepala seperti induknya," ujar Feroh.

Keanehan ikan tangkapan Feroh juga sampai ke telinga tetangga sekitar rumahnya. Rumah Feroh jadi ramai didatangi warga. Sebagian dari tetangga mencoba mengabadikan rupa ikan yang juga mereka anggap mirip manusia.

Video yang direkam warga kemudian viral di media sosial. Dalam video, ikan yang ukurannya tak lebih dari 50 sentimeter itu tampak sudah mati.

Tak hanya datang melihat, ada pula warga yang mencoba membeli ikan hiu tangkapannya. Namun, Feroh mengaku menolak tawaran pembelian tersebut. (/)