ADVERTISEMENT

Video 20Detik

Brigjen Prasetijo Akui Terima USD 20 Ribu dari Tommy Sumardi

detikTV - detikNews
Senin, 15 Feb 2021 20:32 WIB
Jakarta -

Terdakwa kasus red notice Djoko Tjandra, Brigjen Prasetijo Utomo, menjalani sidang pledoi di Pengadilan Tipikor Jakarta. Dalam pledoinya, Prasetijo mengaku menerima USD 20 ribu dari rekan Djoko Tjandra, Tommy Sumardi.

"Saya mengakui menerima uang 20 ribu USD dari Saudara Tommy Sumardi, tidak lebih dan tidak kurang," kata Prasetijo di sidang pleidoi, Senin (15/2/2021).

Prasetijo menyebut tak pernah meminta atau memeras Tommy Sumardi. Apalagi dikatakan membagi 2 uang yang bukan miliknya. "Ini sangat tidak sopan saya sebagai pejabat negara," tuturnya.

Penerimaan itu, kata Prasetijo, murni uang pertemanan dengan Tommy Sumardi. Dia tak menyangka penerimaan itu akan jadi perbuatan pidana.

"Saya bersumpah tidak tahu 20 ribu USD yang saya terima akan dikaitkan dengan penghapusan red notice yang jadi pokok persoalan masalah ini," urainya.

Di kasus red notice, Prasetijo dituntut 2 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp 100 juta subsider 6 bulan kurungan. Prasetijo disebut jaksa menerima USD 100 ribu. Perbuatan Prasetijo disebut jaksa dilakukan bersama Irjen Napoleon Bonaparte yang kala itu menjabat Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadivhubinter) Polri.

(/)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT