Video 20Detik

DPR AS Rilis Rekaman Rusuh di Capitol Saat Sidang Pemakzulan Trump

detikTV, dtv - detikNews
Kamis, 11 Feb 2021 10:24 WIB
Jakarta -

Partai Demokrat DPR Amerika Serikat (AS) merilis rekaman audio dan video saat terjadi kerusuhan di gedung Capitol dalam sidang pemakzulan Donald Trump. Dalam rekaman tersebut suasana mencekam, sejumlah petugas keamanan terluka.

Video dari kamera CCTV di salah satu sudut Capitol Hill itu menunjukkan dengan jelas, bagaimana pendukung Trump merangsek masuk gedung. Berdasarkan laporan ABC News pada Kamis (11/2/2021), perusuh memecahkan jendela dengan balok, dan sebagian dari mereka naik ke gedung.

Orang pertama yang naik ke gedung itu tertangkap membawa tongkat bisbol. Aksinya kemudian diikuti oleh para perusuh lainnya.

Jaksa penuntut di sidang pemakzulan Donald Trump juga memutar rekaman suara radio polisi saat pertugas minta tolong dan berseru "mereka melemparkan tiang logam ke arah kami".
Saat kerusuhan terjadi, wakil presiden saat itu, Mike Pence, dievakuasi petugas dari Kamar Senat. Terdengar suara perusuh meneriakkan "Gantung Mike Pence!" dan "Keluarkan Pence!".

Sementara, Ketua DPR AS, Nancy Pelosi, dilarikan ke lokasi yang aman karena perusuh secara terbuka menyatakan niat mereka untuk membunuhnya. Polisi Capitol membawa Nancy Pelosi keluar kompleks Capitol .

Dalam sidang pemakzulan ini, diputar pula bagian rekaman yang menunjukkan detik-detik saat Ashli Babbitt, korban jiwa dalam kerusuhan ditembak. Sementara perusuh di dalam gedung menyerbu lorong sambil berteriak "Di mana mereka menghitung suara?".

(/)