Video 20Detik

Jejak Ustaz Maaher Hingga Tutup Usia

detikTV, dtv - detikNews
Selasa, 09 Feb 2021 07:00 WIB
Jakarta -

Soni Ertana atau dikenal sebagai Ustaz Maaher At Thuwailibi meninggal dunia di Rutan Mabes Polri. Ia meninggal dunia dalam status sebagai tahanan atas kasus ujaran kebencian yang menderanya. Kuasa hukumnya, Djuju Purwantoro menyebut Ustaz Maheer meninggal dunia sekitar pukul 19.00 WIB.

Ustaz Maheer sebelumnya sempat diberitakan keluar tahanan karena mengalami sakit saat di dalam rumah tahanan Bareskrim Polri, Jakarta Selatan. Ia menjalani perawatan di RS Polri Kramatjati, Jakarta Timur, Kamis (21/1/2021). Sang istri juga sempat mengeluhkan kondisi suaminya yang tengah dalam kondisi sakit di rutan Bareskrim Polri.

Maaher At Thuwailibi meninggal di usia 40 tahun. Pria kelahiran Medan Sumatera Utara ini dikenal kerap menyampaikan dakwah dan pandangannya di media sosial. Ia bahkan memiliki kanal khusus lewat akun Ustaz Maaher At-Thuawilibi Official.

Akun YouTube Ustaz Maheer memiliki subscribe sebesar 148 ribu. Ia juga aktif di Instagram dengan jumlah followernya mencapai 44.7000.

Ustaz Maheer beberapa kali menjadi sorotan di media sosial dengan pernyataan-pernyataannya yang kontroversial. Salah satu yang begitu diingat publik adalah saat perseteruannya dengan artis Nikita Mirzani. Ustaz Maaher berdalih segala ucapannya berasal dari niatan untuk membela agama.

Puncaknya, Ustaz Maaher terjerat kasus penyebaran ujaran kebencian. Ia dilaporkan ke Bareskrim Polri terkait dugaan penghinaan terhadap Habib Luthfi Bin Ali Bin Yahya. Atas kasus itu, murid dari Syekh Maher Al-Muaiqly dianggap telah melanggar pasal pencemaran nama baik melalui media elektronik dan/atau hatespeech Pasal 27 ayat (3) Jo Pasal 45 Ayat (3) dan atau Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

(/)