Video 20Detik

Detik-detik Gletser Himalaya Pecah Picu Banjir Bandang Dahsyat

detikTV, detikTV - detikNews
Senin, 08 Feb 2021 06:23 WIB
Uttarakhand -

Gletser Himalaya di negara bagian Uttarakhand, India, pecah pada Minggu (7/2) hingga menghantam proyek pembangkit listrik dan permukiman warga. Hingga kini, tercatat sekitar 140 orang belum diketahui nasibnya.

Dilansir Associated Press, gletser Nanda Devi longsor dan membawa air bah yang mengarah ke permukiman warga di kawasan Alaknanda dan Dhauliganga. Material longsor berupa lumpur abu-abu pekat itu juga menghantam proyek pembangunan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di kedua wilayah tersebut.

Kepolisian setempat terus mendata laporan kehilangan pekerja proyek PLTA di Alaknanda dan Dhauliganga. Sementara, upaya evakuasi sudah dilakukan di dua proyek terowongan di Dhauliganga. Dari 42 orang pekerja yang terjebak, baru 12 orang yang sudah diselamatkan.

Hingga berita ini diturunkan, pemerintah setempat menurunkan sebanyak 2.000 aparat gabungan dari militer, tim penyelamat dan anggota kepolisian. "Anggota penyelamat menggunakan tali dan sekop untuk menggali mulut terowongan guna mencari korban," kata Menteri Besar Uttarakhand Trivendra Singh Rawat.

(/)