Video 20Detik

Tegang Jelang Pelantikan Biden: Pemakzulan Trump-Demo Bersenjata

detikTV, dtv - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 07:39 WIB
Jakarta -

Pentagon telah memobilisasi hingga 15.000 personel Garda Nasional untuk pelantikan Biden pada 20 Januari. Hal itu mengantisipasi kabar aksi protes bersenjata saat pelantikan Biden.

Terkait kabar aksi itu, Presiden AS Terpilih Joe Biden telah menanggapinya. Ia tetap tak gentar untuk dilantik di halaman gedung Capitol.


"Saya tidak takut mengambil sumpah di luar. Dan kami telah diberi pengarahan, tetapi saya pikir sangat penting bahwa ada fokus yang sangat serius untuk menahan orang-orang yang terlibat dalam hasutan dan mengancam nyawa orang, merusak properti publik, menyebabkan kerusakan besar, sehingga mereka dimintai pertanggungjawaban," kata Joe Biden.

Selain itu, hal yang menjadi sorotan adalah terkait upaya pemakzulan Donald trump. Sejak penyerbuan massa pendukung Trump ke gedung Capitol AS pada 6 Januari lalu, para anggota parlemen mencari cara untuk menggulingkan Trump.

Ironinya, rekan separtai Trump juga turut memberikan suara dalam upaya pemakzulannya. Trump juga telah menanggapi upaya menggulingkan dirinya.

"Sejauh ini, kami tidak menginginkan kekerasan, tidak pernah ada kekerasan, kami sama sekali tidak menginginkan kekerasan. Dan soal pemakzulan, ini benar-benar kelanjutan dari perburuan penyihir terbesar dalam sejarah politik. Ini konyol. Benar-benar konyol," kata Trump.

(/)