Biden: Saya Minta Trump Sumpah Bela Konstitusi-Akhiri Ricuh di Capitol

detikTV, dtv - detikNews
Kamis, 07 Jan 2021 09:18 WIB
Jakarta -

Pendukung Donald Trump ricuh di gedung Capitol saat Kongres pengesahan kemenangan Joe Biden pada Pilpres AS. Biden pun meminta agar Trump tampil di televisi nasional untuk bersumpah membela konstitusi dan menyerukan agar ricuh di gedung Capitol berakhir.

Dilansir dari Associated Press, Joe Biden mendesak Presiden AS, Donald Trump, tampil di TV nasional dan memerintahkan para pendukungnya agar segera mengakhiri aksi mereka gedung Kongres dan Senat Amerika Serikat yang kerap disebut Capitol Hill tersebut. Di mata Biden para demonstran menyerbu Capitol, menghancurkan jendela, menduduki kantor, menyerbu Kongres, dan mengancam keselamatan pejabat terpilih.

"Ini bukan protes, ini pemberontakan," tandasnya.

Biden juga menekankan kerusuhan yang terjadi di Gedung Capitol bukanlah wajah negerinya. Aksi pengrusakan gedung milik negara dan perlawanan terhadap proses yang berlangsung di Kongres bagi politisi partai demokrat itu berasal dari sebuah hasutan kepada kalangan ekstrimis.

"Adegan kekacauan di Capitol Hill tidak mencerminkan Amerika yang sebenarnya, tidak mewakili siapa kita. Apa yang kami lihat adalah sejumlah kecil ekstremis, berdedikasi pada pelanggaran hukum. Ini bukan perbedaan pendapat, ini kekacauan. Ini kekacauan. Itu berbatasan dengan hasutan. Dan itu harus diakhiri, sekarang," pungkas Biden

Sebelumnya, Massa pendukung Donald Trump memaksa masuk Gedung Capitol. Mereka menolak proses pengesahan kemenangan Joe Biden pada Pilpres AS.

Aparat kepolisian mendorong perusuh keluar dari Gedung Capitol menggunakan granat kejut atau flashbang. Kerusuhan itu kemudian menelan satu korban jiwa.

Beberapa jam sebelumnya , Donald Trump sempat berpidato di hadapan pendukungnya di dekat Gedung Putih. Presiden petahana itu mengajak pendukungnya melawan kecurangan Pilpres AS.

(/)