Video 20Detik

Gibran Disebut-sebut dalam Korupsi Bansos, Ini Kata KPK

detikTV - detikNews
Senin, 21 Des 2020 21:00 WIB
Jakarta -

Korupsi bansos, Mensos Juliari Batubara, menyeret nama Gibran Rakabuming Raka, cawalkot Solo yang juga putera Presiden Joko Widodo. Gibran diisukan ikut merekomendasikan pembuatan tas bansos ke PT Sritex. Cawalkot Solo terpilih itu membantah. PT Sritex juga membantah. Apa komentar KPK terkait isu itu?

"KPK menerima siapa pun yang akan memberikan info kepada penegakan hukum korupsi khususnya di Covid ini, termasuk bantuan sosial di Kemensos," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin (21/12/2020).

Ghufron menambahkan, "Termasuk kepada siapa pun, termasuk yang dipertanyakan kepada saudara Gibran Rakabuming. Sekali semua itu info dan KPK tetap akan melaksanakannya, melakukan proses secara hukum, baik penelusuran kebenaran tersebut melalui penyelidikan."

Gibran sendiri mengaku tak pernah merekomendasikan PT Sritex sebagai pembuat tas bansos. "Kalau mau korupsi kok kenapa korupsinya baru sekarang, korupsinya nggak dulu-dulu. Nggak saya nggak pernah seperti itu. Kalau pengin proyek ya proyek yang lebih gede, PLN, Pertamina, jalan tol itu nilainya triliunan. Saya nggak pernah seperti itu. Apalagi ikut campur seperti itu," katanya di Solo, Senin (21/12).

PT Sritex juga membantah isu tersebut. "Marketing kami di-approach oleh pihak Kemensos," jelas Head of Corporate Communication Sritex Joy Citradewi kepada detikcom melalui pesan singkat.

Isu ini bergema di media sosial. Muncul hashtag #tangkapanakpaklurah.

(/)