Video 20Detik

Habib Rizieq Hadiri Dialog Nasional di Lokasi Terpisah

detikTV, dtv - detikNews
Rabu, 02 Des 2020 11:36 WIB
Jakarta -

Habib Rizieq Syihab kembali menyerukan revolusi akhlak dalam Reuni 212 yang digelar secara daring pada Rabu (2/12/2020). Dalam acara yang dibingkis dengan dialog bersama 100 tokoh, Rizieq menekankan pentingnya keterlibatan seluruh komponen bangsa untuk mewujudkan jargon iya gulirkan sejak bernit pulang ke tanah air tersebut.

"Revolusi akhlak ini mesti melibatkan semua komponen dan elemen masyarakat untuk menuju negeri yang toyibatun warobun ghofur jadi niatnya nusti ikhlas bukan cari kekuasaan jabatan harta benda. Niatnya musti ikhlas cari ridha allah. Semua komponen masyarakat bagian dari indonesia ini harus dilibatkan" ujar Rizieq.

Bagi Habib Rizieq, Revolusi Ahlak telah sesuai dengan nilai Pancasila. Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) itu menjelaskan bahwa revolusi yang Ia tawarkan mendorong masyarakat untuk hijrah sistem negara yang berbasis tauhid.

"Maka itu, revolusi akhlak di level sistem bagaimana kita menggandeng, kita hijrah ke sistem berbasis tauhid, berbasis sila pertama Pancasila," ucap Rizieq.

Habib Rizieq juga memaparkan sejumlah tahapan dalam mewujudkan revolusi akhlak yang ia canangkan. Rizieq menyebut revolusi perlu diawali dari tingkat individu sebelum sampai di level sistem.

Strategi revolusi ahlak dari individu, kata Habib Rizieq, akan efektif melalui jalan dakwah, nasihat dan diskusi. Sedangkan revolusi di tingkat tertinggi adalah dengan mengubah sistem yang saat ini ia sebut sekuler (konsep bernegara yang terpisah dari agama) menjadi tauhid.

Habib Rizieq menekankan bahwa revolusi ahlak tak lepas dari spirit pancasila. Terlebih, menurut Rizieq dasar negara republik Indonesia itu sebagai sebagai warisan ulama.

"Tidak salah kita gaungkan bahwa Pancasila warisan ulama. Makanya jangan dibentur-benturkan Pancasila dengan ajaran Islam. Bahkan Pancasila menjadi konsensus nasional antara para pendiri bangsa Indonesia dari semua pendiri agama," papar Habib Rizieq.

(/)