Video 20Detik

Momen Edhy Prabowo Berkunjung ke AS Sebelum Ditangkap KPK

detikTV, detikTV - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 10:04 WIB
Jakarta -

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dikabarkan ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menurut sumber detikcom, Edhy ditangkap usai pulang dari Amerika Serikat.

Edhy Prabowo ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta sepulang dari Amerika Serikat. Penangkapan terjadi pada malam dini hari tadi. Awalnya ada 13 orang yang diamankan, tapi sejumlah orang kemudian dilepas.

Dalam lawatannya ke Amerika Serikat, Edhy Prabowo dilaporkan mengunjungi Oceanic Institute of Hawaii Pacific University, Sabtu (21/11/2020) siang waktu setempat. Edhy meninjau pusat penelitian yang khusus mendalami budidaya dan pemanfaatan udang. Edhy juga menjadi pembicara dalam acara yang banyak menhadirkan perusahaan yang memiliki great grandparents dari berbagai jenis udang termasuk udang vaname.

"Jadi buyutnya induk udang. Di sini dia bekerjasama dengan swasta karena ini diinisiasi dengan pemerintah Amerika. Jadi dia bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan swasta Amerika, yang kemudian masing-masing perusahaan ini punya mitra lagi ke perusahaan lain. Mungkin ada yang sudah ke Indonesia," jelas Edhy saat jadi pembicara dalam acara Jakarta Food Security Summit-5, Kamis (19/11/2020).

Agenda Edhy Prabowo selanjutnya adalah melakukan nota kesepahaman (MoU) dengan beberapa perusahaan pengelola produk udang. Kerja sama ini berkaitan dengan upaya meningkatkan produksi induk udang unggul di Indonesia. Edhy menargetkan stok kebutuhan bahan bibit udang terjaga.

Politikus partai Gerindra itu juga melanjutkan lawatannya dengan pekerja Indoensia yang menjadi Anak Buah Kapal (ABK). Edhy sempat mengunggah agenda kunjungannya itu di akun Instagram pribadinya @edhy.prabowo.

"Banyak hal yang mereka sampaikan tentang dinamika kerja di luar negeri, termasuk kerinduan terhadap keluarga di Indonesia. Meski mencari nafkah di Negeri Paman Sam, para ABK ini tetaplah nelayan Indonesia. Sehingga kami di KKP akan selalu berkomunikasi dengan pihak KJRI untuk mengetahui kabar teman-teman di sini,", demikian keterangan yang dicantumkan di bawah foto kunjungannya.

(/)