Video 20Detik

Pangdam Jaya Soal Habib Rizieq: Jangan Merasa Mewakili Umat Islam!

detikTV - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 13:29 WIB
Jakarta -

Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman turut angkat bicara mengenai serangkaian penertiban dan tindakan aparat setelah kedatangan Habib Rizieq Syihab ke tanah air. Mayjen Dudung mengimbau agar Habib Rizieq Syihab (HRS) tidak merasa mewakili umat Islam.

"Jangan coba mengganggu persatuan dan kesatuan, jangan merasa bahwa dia (HRS) mewakili umat Islam, tidak semua, banyak umat Islam yang berkata, berucap, dan bertingkah laku baik," kata Dudung di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (20/11/2020).

Pernyataan keras Pangdam Jaya ini berkaitan juga dengan langkah pasukannya yang menurunkan baliho-baliho ajakan revolusi dari Habib Rizieq. Mayjen Dudung menegaskan pencopotan baliho Habib Rizieq Syihab merupakan perintahnya.

"Ada berbaju loreng menurunkan baliho Habib Rizieq, itu perintah saya. Karena berapa kali Pol PP menurunkan, dinaikkan lagi.

Langkah TNI menurut Dudung didasarkan pada pemahaman bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah negara hukum, sehingga semua pihak harus taat hukum.

"Begini. Kalau siapa pun di republik ini, ini negara hukum, harus taat kepada hukum. Kalau masang baliho, udah jelas ada aturannya, ada bayar pajak, dan tempat ditentukan, jangan seenaknya sendiri, seakan-akan dia paling benar, nggak ada itu. Ya saya peringatkan dan saya tidak segan menindak dengan keras," tambahnya.

Dudung memastikan operasi penurunan baliho Rizieq masih akan terus berlanjut. Semua baliho Rizieq yang ilegal akan ditertibkan oleh pasukannya. "Saya peringatkan, dan saya tidak segan menindak dengan keras. Jangan coba mengganggu persatuan dan kesatuan, jangan merasa mewakili umat Islam, tidak," tegasnya.

Pernyataan Mayjen TNI Dudung Abdurachman ini sontak menuai respon publik, khususnya dari kalangan warganet. Pro dan kontra bermunculan, tapi tak sedikit juga yang mengapresiasi langkah tegas Pangdam Jaya. Tagar #PangdamJaya langsung masuk deretan trending topik media sosial twitter.

(/)