20Detik

Raja-Ratu Thailand Temui Pendukung Pro Monarki di Jalanan Bangkok

detikTV, dtv - detikNews
Senin, 02 Nov 2020 14:28 WIB
Thailands Crown Prince Maha Vajiralongkorn attends an event commemorating the death of King Chulalongkorn, known as King Rama V, as he joins people during the mourning of his father, the late King Bhumibol Adulyadej, at the Royal Plaza in Bangkok, Thailand, October 23, 2016. REUTERS/Athit Perawongmetha/File Photo
Foto: REUTERS/Athit Perawongmetha/File Photo
Jakarta - Raja Thailand Vajiralongkorn dan Ratu Suthida temui ribuan pendukungnya di Bangkok. Keduanya berbaur dengan pendukungnya pada Minggu (1/11).

Inilah kehadiran pertama raja usai gelombang unjuk rasa kelompok pro demokrasi, yang mengkritik sistem monarki di negeri gajah putih tersebut. Ia yang sering disapa Raja Rama ini juga angkat bicara mengenai krisis politik yang kembali mendera Thailand.

"Kami mencintai mereka semua sama," ujar Raja Rama saat ditanya sebagaimana dikutip Reuters, Senin (2/11/2020).

Selain Ratu Suthida, Raja Rama juga didampingi sejumlah pembantunya yang berjongkok saat raja berjalan. Pendukung monarki menyambut hangat kehadiran keluarga kerajaan. Mereka juga berharap konflik politik menemukan titik kompromi yang menguntungkan negara.

"Saya benar-benar tidak ingin orang Thailand berselisih satu sama lain. Saya ingin semua orang saling mencintai dan saya khawatir tentang situasi yang dapat menyebabkan ketidakstabilan. Saya khawatir bagaimana perasaan monarki tentang hal itu. ", ujar Winakorn Nithisak, salah satu pendukung Raja Rama.

(/)