20Detik

Video: Kisah di Balik Viral Pemotor Bawa Jenazah di Atas Bronjong

detikTV, detikTV, Ragil Ajiyanto - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 15:40 WIB
Jakarta -

Video pemotor bawa jenazah yang ditaruh di atas bronjong menuai sorotan di media sosial. Pemotor itu bernama Sutejo (50) yang membawa jenazah ibunya, Ginem Suharti (80).

Sutejo yang dikenal pendiam itu disebut tak ingin merepotkan pihak manapun saat mengetahui Ibunya telah meninggal dunia. Cerita ini diungkap kakak kandung Sutejo, Sri Suyamti (60), saat ditemui wartawan di rumah duka, Dukuh Selorejo, Desa Kedunglengkong, Kecamatan Simo, Boyolali, Jumat (30/10/2020).

"Adik saya itu (Sutejo) nggak mau ngrepotke (merepotkan) tetangga. Itu dia nggak mau. Pokoknya ada apa-apa ditanggung sendiri," kata Sri Suyamti.

Sutejo juga diketahui bermaksud mengubur jenazah ibunya di pemakaman Sucen, Desa Kedunglengkong, meski belum dimandikan dan dikafani. Namun, rencananya urung dilakukan setelah para kerabat dan tetangga membujuk Sutejo agar membawa pulang jenazah ibunya.

Video Sutejo viral pada Kamis (29/10). Dalam video terekam jenazah diletakkan pada papan di atas bronjong, yang berada di bagian belakang motor. Jenazah Ibu Ginem hanya ditutup kain jarik dan diikat dengan tali ban.

(/)