20Detik

Video: Dua Hari Rapid Test Acak di Puncak, 50-an Wisatawan Reaktif

detikTV, dtv - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 12:48 WIB
Jakarta -

Guna mengantisipasi penyebaran virus Corona di masa libur panjang cuti bersama, Pemerintah Kabupaten Bogor melakukan rapid test acak. Aktivitas ini menyasar para wisatawan yang berkunjung ke Puncak, Kabupaten Bogor.

Ada tiga posko disiapkan, salah satunya di halaman Masjid Harakatul Jannah, Ciawi. Pada hari kedua pelaksanaan, Jumat (30/10/2020), diikuti sekitar 1000 orang. Mereka dipilih secara acak di lokasi wisata.

Jumlah yang mengikuti hampir sama dengan jumlah yang diperiksa kemarin, Kamis (29/10/2020), yang mencapai lebih dari 900 orang. Mereka dipilih secara acak.

Dari proses pemeriksaan selama dua hari, 50 diantaranya telah dinyatakan reaktif. Mereka didominasi oleh warga dari luar Kabupaten Bogor.

"Total berarti kalau sama kemarin kurang lebih 1000an ya, kemarin kan 900 sekian, kemudian hari ini, ada 1000 lebih ya, kemudian yg reaktifnya sudah sekitar 50an, dan langsung di swab", ungkap Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bogor, Agus Ridho.

Terhadap wisatawan yang dinyatakan reaktif, petugas medis langsung menindaklanjuti dengan tes swab. Mereka juga diminta tak melanjutkan aktivitas wisata dan kembali ke rumah masing-masing, sambil menunggu hasil tes.

(/)