20Detik

Video Habib Bahar Jadi Tersangka Kasus Penganiayaan (Lagi)

detikTV, dtv - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 20:33 WIB
Jakarta -

Belum selesai Habib Bahar Smith menjalani hukuman, kini Kepolisian Daerah Jawa Barat kembali menetapkannya menetapkannya sebagai tersangka. Habib Bahar Smith lagi-lagi berhadapan dengan kasus penganiayaan yang ditengarai berawal dari laporan pada tahun 2018.

Laporan datang dari seseorang bernama Andriansyah dari daerah Bogor, Jawa Barat. Dalam laporannya, Bahar melanggar Pasal 170 dan atau Pasal 351 KUHPidana.

"Betul, hasil gelar telah ditetapkan tersangka," ungkap Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jabar Kombes CH Patoppoi saat dikonfirmasi, Selasa (27/10/2020).

Kini, Polisi mengajukan izin ke Direktorat Jenderal Pemasyarakatan untuk memeriksa Bahar yang tengah ditahan di Lapas Gunung Sindur.

"Saat ini penyidik sedang minta izin ke Ditjen PAS Kementerian Hukum dan HAM untuk periksa yang bersangkutan di Lapas Gunung Sindur," kata Patoppoi.

Menanggapi penetapan tersangka ini, Pihak kuasa hukum Habib Bahar Smith, Ichsan Tuannkota angkat bicara. Ia mempertanyakan status yang disematkan kepada kliennya. Ia mengaku sudah ada perjanjian perdamaian antara Habib Bahar dan pihak pelapor, serta sudah ada pencabutan laporan.

"pertama sudah ada perjanjian perdamaian dengan pihak korban, yang kedua sudah ada pencabutan laporan yang dilakukan pihak korban ke Polres maupun ke Polda Jabar, yang ketiga sudah ada pengakuan video dari pihak korban", ucap Ichsan saat diwawancarai secara khusus oleh detikcom, Selasa (27/10/2020)

Sebelumnya, Habib Bahar menjalani hukuman akibat menganiaya dua remaja. Ia divonis hukuman tiga tahun penjara.

(/)