Video Ungkapan Kekecewaan Petinggi Sunda Empire Usai Divonis 2 Tahun

detikTV - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 19:10 WIB
Bandung -

Tiga petinggi Sunda Empire divonis 2 tahun penjara oleh hakim Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Selasa (27/10/2020). Ketiganya adalah Nasri Banks, Raden Ratnaningrum, dan Ki Ageng Ranggasasana atau Rangga.

Vonis ini lebih ringan dibanding tuntutan jaksa, yakni 4 tahun penjara. Hakim menyatakan ketiga terdakwa terbukti bersalah menyiarkan berita bohong hingga menimbulkan keonaran. Hal ini sesuai dengan dakwaan jaksa penuntut umum yang sesuai Pasal 14 ayat (1) Undang-undang Nomor 1 tahun 1946.

Rangga cs berkonsultasi dengan pengacara usai pembacaan vonis. Hasilnya, ketiga terdakwa pikir-pikir.

Rangga mengaku kecewa dengan keputusan hakim. Seharusnya dia dan 2 terdakwa divonis bebas. Karena apa yang mereka lakukan, tak melanggar hukum.

Sunda Empire jadi sorotan setelah video beberapa pertemuannya beredar. Komunitas ini menyebut Pentagon dan PBB berasal dari Bandung. Juga menyatakan Sunda Empire bisa menyelamatkan bumi dan menghentikan perang nuklir.

Rangga cs ditangkap polisi pada akhir Januari 2020. Rangga adalah Sekjen Sunda Empire, Nasri Banks (Perdana Menteri) dan Raden Ratnaningrum (Kaisar). Ketiganya dijerat pasal penyebaran berita bohong.

(trw/trw)