20Detik

Video Nasabah WanaArtha Ngamuk Usai Sidang Vonis Jiwasraya

detikTV, dtv - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 07:40 WIB
Jakarta -

Kericuhan terjadi usai sidang vonis terhadap terdakwa Benny Tjokro dan Heru Hidayat dalam megaskandal asuransi Jiwasraya, di PN Tipikor Jakarta, Senin (26/10). Sekitar 10 orang nasabah WanaArtha Life memaksa masuk ke ruang sidang. Mereka mengaku kecewa karena sebagian aset disita oleh majelis hakim di kasus Jiwasraya ini.

Protes keras nasabah tidak ditanggapi majelis hakim. Beberapa diantara mereka meluapkan kemarahan.

"Kenapa uang kita nggak diselamatin, kita punya hak yang sama kita bayar pajak," ujar salah satu nasabah di ruang sidang.

"Kami nasabah murni, kami nggak bohong, ini uang kami,", pungkas salah seorang dari mereka.

Muncul juga suara lain, yang menyebut telah menempuh berbagai cara untuk menyelamatkan asetnya. Ia menuntut pembukaan rekening yang diblokir.

"Satu tahun uang yang kami transaksikan sebagian besar disita, sekitar Rp 4 triliun, pertanyaan kami kenapa pemerintah menggebu-gebu untuk membela menaruh atensi ke nasabah Jiwasraya, tapi menghiraukan nasabah WanaArtha kami sendiri. Kami disebut oknum, kami disebut orang-orang nasabah, padahal kami nasabah murni,", ujar pengunjuk rasa bernama Stephanie.

Protes nasabah WanaArtha ini bukan kali pertamanya. Mereka diketahui juga pernah mendatangi Istana Bogor untuk mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka aset yang diblokir. Mereka bahkan menyambangi juga kediaman Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri di Jalan Teuku Umar 27, Jakarta Pusat. Saat itu, para nasabah memohon pembelaan politik dari kasus yang merugikan mereka.

(/)