Ada Kabar 2 Kecamatan di Bekasi Lockdown karena Corona, Polisi: Hoax

Isal Mawardi - detikNews
Jumat, 27 Mar 2020 19:13 WIB
ilustrasi corona
Foto: ilustrasi corona
Bekasi -

Beredar kabar 2 kecamatan di Kabupaten Bekasi yakni Tambun Selatan dan Cibitung menetapkan lockdown. Dinarasikan, lockdown dilakukan karena dua kecamatan itu masuk zona merah penyebaran virus Corona (COVID-19).

Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan memastikan kabar tersebut tidak benar.

"Hoax, tidak benar," ujar Kombes Hendra Gunawan, ketika dihubungi, Jumat (27/3/2020).

Hendra menegaskan bahwa dirinya tidak pernah mengeluarkan statemen mengenai Pemerintah Kabupaten Bekasi akan melakukan lockdown di kedua tempat tersebut. Hendra mengatakan, lockdown adalah keputusan pemerintah pusat.

"Pemerintah pusat yang (dapat) menentukan (lockdown)," kata Hendra.



Saat ini Polres Metro Bekasi bersama Pemkab Bekasi bahu-membahu melakukan berbagai langkah pencegahan penyebaran COVID-19. Salah satunya dengan melakukan penyemprotan disinfektan.

"Kita akan membangun fasilitas kebersihan di tempat umum dan melakukan penyemprotan cairan disinfektan kepada masyarakat di tempat-tempat umum dan pusat pelayanan masyarakat seperti halnya statsiun , terminal dan lainnya," turur Hendra.

Berdasarkan data pikokabsi.bekasikab.go.id per 27 Maret pukul 07.40 WIB, terdapat 15 kasus positif Corona di wilayah Kabupaten Bekasi, 3 di antaranya meninggal dunia.

Sebanyak 310 orang dalam pemantauan (ODP), 60 di antaranya selesai dipantau. Lalu 75 pasien dalam pengawasan (PDP), di mana 11 pasien telah dipantau.

(isa/mei)