DetikNews
Rabu 30 Desember 2015, 19:16 WIB

Perayaan Tahun Baru di Jakarta dan Sekitarnya akan Diwarnai Hujan Ringan

Nur Khafifah - detikNews
Perayaan Tahun Baru di Jakarta dan Sekitarnya akan Diwarnai Hujan Ringan Foto: thinkstock
Jakarta - Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca pada malam tahun baru di beberapa wilayah di Indonesia cerah hingga hujan ringan. Namun gelombang laut diprediksi akan meninggi, sehingga bagi warga yang berwisata air diimbau untuk berhati-hati.

"Menyambut malam pergantian tahun, kondisi cuaca di beberapa wilayah di Indonesia diperkirakan akan cerah hingga berawan. Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat terjadi di sebagian wilayah Bengkulu, Jambi, Kalimantan Barat, Tengah dan Selatan," ujar Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Mulyono R Prabowo dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Rabu (30/12/2015).

Sementara untuk wilayah Jabodetabek diperkirakan kondisi cuaca pada umumnya cerah berawan sepanjang hari. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dapat terjadi di beberapa wilayah Utara dan Selatan Jabodetabek.

"Sehingga bagi masyarakat yang hendak merayakan malam tahun baru disarankan agar mengantisipasi turunnya hujan," imbaunya.

Untuk wilayah perairan Indonesia pada periode awal 2016 diprediksi akan terjadi gelombang laut tinggi. Seperti Pulau Sabang, Mentawai, Pesisir Selatan Jawa, NTB, Arafuru dan Natuna dapat memiliki tinggi gelombang laut hingga 2,5 meter.

"Bagi masyarakat yang mengisi liburan dengan melakukan wisata laut diharapkan juga tetap waspada pada potensi terjadinya gelombang laut yang tinggi," kata Mulyono.

Memasuki bulan Januari, BMKG menghimbau kepada masyarakat di seluruh Indonesia untuk mewaspadai terjadinya kondisi cuaca ekstrim, mengingat sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki puncak musim hujan.

"Pada bulan Januari ini intensitas curah hujan diperkirakan akan semakin meningkat, untuk itu masyarakat yang berada di area yang berpotensi terjadi banjir dan tanah longsor agar terus meningkatkan kewaspadaannya," ucapnya.

Bagi masyarakat seluruh Indonesia yang ingin mengetahui info cuaca terkini, dapat membuka website resmi BMKG www.bmkg.go.id serta follow twitter resmi BMKG di @infobmkg.  Atau juga melalui hotline informasi cuaca 24 jam dengan menghubungi 0216546318.


(khf/mad)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed