Pencipta Tak Tahu Menahu Soal Kisah Geby yang Memilukan

ADVERTISEMENT

Misteri Lagu Geby

Pencipta Tak Tahu Menahu Soal Kisah Geby yang Memilukan

- detikNews
Selasa, 10 Jun 2008 10:18 WIB
Jakarta - Berapa versi kisah yang Anda temukan di internet tentang lagu Geby, Tinggal Kenangan? Lebih dari selusin! Terhadap aneka kisah ini, Rifai Ilyas atau Pay, pencipta lagu itu, mengaku tidak tahu menahu.

"Saya nggak tahu apa-apa. Aneh saja ada cerita seperti itu," ujar gitaris band Caramel Makassar ini dalam perbincangan dengan detikcom pada Senin (9/6/2008) petang.

Pay menangkis tuduhan bahwa bandnya sengaja menciptakan isu aneh-aneh tentang lagu itu agar tenar.

Pay sendiri juga sempat menjadi korban kisah tragis yang menyebutkan bahwa penyanyi lagu itu sudah tewas bunuh diri setelah pencipta lagu itu, yang merupakan kekasih si penyanyi, tewas akibat kecelakaan lalu lintas.

"Saya dikira sudah meninggal, jadi banyak tetangga yang datang ke rumah (melayat)," ujar pemuda 20-an tahun itu.

Pay menceritakan, lagu itu sudah ada lebih dulu dibandingkan dengan band Caramel yang dibentuknya. Lagu itu dibuat saat teringat kekasihnya yang sudah menikah.
Malah lagu ini telah dipersiapkan untuk masuk dalam album indie band Cinderella, band Pay sebelum Caramel, sejak tahun 2003.

"Hanya saja, musik lagu ini terlalu mellow kedengarannya," ujar Pay ketika ditemui di home base Caramel yang juga tempat tinggalnya, Jl RS Faisal Raya, Makassar, Senin (9/6/2008) petang.

Pertama kali Pay dkk menyanyikan lagu itu dalam momen ulang tahun sanggar seni mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Dipanegara, Sang Dipa, pada 17 Juli 2004.

Pay memainkan lagu 'Jauh' dengan versi live akustik, yang dilantunkan gadis bernama Andi Besse atau Abe, vokalis Sang Dipa. Penampilan mereka pun direkam ala kadarnya dalam format MP3. Sementara versi kedua lagu ini baru direkam di studio oleh band Caramel, band yang didirikan Pay dan kawan-kawannya. Suara vokalisnya pun sudah berganti, Abe digantikan Riri.

Rekaman MP3 itu rupanya beredar luas. Abe bahkan sempat minta maaf pada Pay karena rekaman lagu itu tersebar luas tanpa bisa distop.

Namun peredaran tidak resmi itu juga melambungkan lagu Jauh, judul asli Tinggal lagu Kenangan. Bahkan pada akhir 2006, lagu ini pernah menduduki tangga lagu di Radio Venus Makassar selama 11 pekan.

Namun meski lagu ini populer di Makassar pada 2006-2007, kisah pepesan kosong tentang lagu ini tak jua terhenti. Aneka macam cerita Geby dan Tinggal Kenangan hinggap dari mulut ke mulut, penuh bumbu yang tragis, kadang-kadang beraroma mistis. Tentu bukan perkara mudah untuk menemukan si pencipta kisah-kisah aneh ini.  (mna/nrl)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT