ADVERTISEMENT

5 Penyelam Asing Hilang Di NTT Sempat Dikejar Komodo

- detikNews
Sabtu, 07 Jun 2008 19:53 WIB
Labuanbajo - 5 Penyelam asing dari Eropa hilang 2 hari di Perairan Taman Nasional Komodo. Mereka harus bertahan dengan makan remis dan menghindari kejaran Komodo.

Dikisahkan salah satu penyelam yang selamat, Laurent Pinel (31), setelah terombang-ambing mereka sempat terdampar di Pulau Rinca, pulau kecil yang masih dalam kawasan Taman Nasional Komodo.

Di pantai Pulau Rinca itulah, mereka harus menghadapi kejaran hewan yang memang dilindungi di taman nasional itu.

"Kita tidak punya apapun untuk dimakan. Kita makan beberapa remis yang dikorek dari bebatuan. Di pantai, seekor komodo mendatangi kita kemarin sore," ujar Pinel yang warga negara Perancis itu, seperti dilansir AFP, Sabtu (7/6/2008).

Tak pelak, imbuh Pinel, dia dan 4 rekannya langsung melempari hewan purba itu dengan batu-batu yang ada di pantai. Pinel mengatakan sudah terombang ambing di lautan sekitar 9 jam, setelah disapu ombak dan dijauhkan dari perahu mereka, Kamis 5 Juni 2008, sore.

Penyelam yang terdiri dari 1 warga negara Perancis, 3 warga negara Inggris, dan 1 warga negara Swedia ini, sebelumnya, berdasarkan keterangan polisi ditemukan di perairan Pulau Rinca. Tapi, Pinel mengatakan informasi itu tidak akurat.

Pinel mengatakan setelah terombang-ambing, mereka bergerak cepat untuk melawan arus dan mencoba menemukan daratan. Sesekali mereka berhenti berenang dan bergandengan untuk memulihkan energi.

"Kalau kita ikut arus, kita akan bertemu samudera (Indonesia). Padahal kita sudah kelelahan dan mengalami kram," ujar Pinel yang dirawat di Pulau Flores ini.

Akhirnya, petugas taman nasional menemukan mereka pada Sabtu siang ini, dan membawa mereka ke Labuanbajo, Nusa Tenggara Timur. (nwk/nwk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT