ADVERTISEMENT

Wiesenthal, Pemberi Penghargaan Gus Dur, Pelindung Yahudi

- detikNews
Sabtu, 03 Mei 2008 18:04 WIB
Jakarta - Simon Wiesenthal Center akan memberikan penghargaan pada tokoh ulama nasional Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Gus Dur sendiri yang mengumumkan bakal salah satu torehan prestasi dalam perjalanan hidupnya.

Penghargaan itu pastilah sangat berarti bagi cucu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) itu. Bahkan Gus Dur menyebut 6 dari 12 penerima penghargaan serupa berlanjut dengan anugerah nobel perdamaian.   

Tapi, apakah Simon Wiesenthal Center? Siapa di belakangnya? Penelusuran detikcom lewat situs resminya, Simon Wiesenthal Center adalah LSM internasional yang didirikan untuk melindungi umat dan kepentingan Yahudi di seluruh dunia.

"Berdiri bersama Israel, membela keselamatan umat yahudi di dunia, dan mengajarkan hikmah holocaust pada generasi mendatang," demikian sekelumit profil Simon Wiesenthal center dari situs-nya yang beralamat di http://www.wiesenthal.com.

Eksistensi LSM yang bermarkas di Los Angeles tersebut sudah diakui oleh lembaga-lembaga internasional lainnya. Wiesenthal mengklaim berkekuatan 400.000 kader di AS dan sudah terakreditasi PBB, UNESCO, dan Konsul Eropa.

LSM yang memiliki aset $ 66.193.619 itu juga memiliki sejumlah program yang mengatasnamakan perlindungan HAM. Mereka bermimpi untuk menciptakan dunia yang lebih baik dari yang sekarang ini.

"Simon Wiesenthal Center adalah organisasi internasional HAM Yahudi yang didirikan untuk memperbaiki dunia selangkah demi selangkah."

Petikan kalimat itu terpampang dengan jelas dalam kolom 'about us' situs Simon Wiesenthal Center. Dalam situs mereka, juga diterangkan beberapa kantor cabang Simon Wiesenthal Center yang tersebar di New York, Toronto, Palm Beach, Paris, Buenos Aires, dan Yerusalem. (gah/asy)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT