Awas! Konsumsi Minuman Energi Berlebih Bisa Ganggu Ginjal

- detikNews
Senin, 31 Mar 2008 15:07 WIB
Jakarta - Anda penggemar minuman berenergi? Jika ya, hati-hati saat mengkonsumsi minuman penambah tenaga tersebut. Konsumsi yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada ginjal dan liver.

"Misalnya, dalam sehari minum sampai 10 kali dalam waktu panjang bisa merusak ginjal dan livernya," kata pakar kesehatan gizi klinis Fakultas Kedokteran UI, Dr Samuel Oetoro.

Hal itu disampaikan dia dalam seminar bertajuk, 'Kiat memilih minuman energi yang aman bagi kesehatan', di Hotel Atlet Century, Jl Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (31/3/2008).

Mereka yang gemar meminum minuman berenergi, kata Samuel, haruslah mengimbanginya dengan berolahraga dan memakan makanan yang bergizi. Meski demikian, pengkonsumsi minuman energi juga tetap harus waspada saat mengkonsumsi minuman itu.

"Ada kandungan yang berbahaya yang tidak boleh dikonsumsi," imbuh dia.

Kandungan yang mengandung zat pengawet, pewarna, perasa dan pemanis yang tidak dianjurkan merupakan zat-zat yang berbahaya bagi pengkonsumsi minuman bertenaga ini. Dia menambahkan, konsumsi minuman berenergi tetap harus memperhatikan dosis yang tepat.

"Maksimal 3 kali seharilah," pungkas pengajar konsulen gizi klinis FKUI ini.

(ptr/nvt)