Korupsi Soeharto Sulit Diadili Karena Dilegalkan Peraturan

- detikNews
Kamis, 24 Jan 2008 17:03 WIB
Sanur - Kasus-kasus korupsi mantan Presiden Soeharto dan kroni-kroninya selama ini alot diproses hukum. Padahal beberapa kasus sudah gamblang, tapi mengapa tak kunjung diadili?

"Ini harus ditanyakan pada sistem peradilan mengapa kasus seperti ini menjadi macet," ujar Prof Vedi R Hadiz dari National University of Singapore dalam acara Anticorruption Public Forum bertema 'Combating Corruption in Democratic Transition' di Hotel Sanur Paradise Plaza, Sanur, Bali, Kamis (24/1/2008).

Dari prosedural hukum, imbuhnya, memang sulit untuk membuktikan korupsi Soeharto dan kroni-kroninya. Karena semasa Soeharto jaya, korupsi Soeharto dan kroninya dilegalkan dalam berbagai surat keputusan presiden. Sehingga meski menyimpang, dalam kacamata hukum perbuatan itu benar.

"Tapi secara poltik tidak berarti itu dibenarkan suatu kasus penyelewengan terjadi. Memang secara hukum sulit dilawan. Tapi kita harus mengerti juga, hukum dulu kan tidak bebas," kata Hadiz.

Dia mencontohkan kasus pengadaan mobil Timor milik Tommy Soeharto. Meskipun dianggap menyimpang, secara hukum sulit diproses karena ada keputusan presiden tentang mobil nasional. (nwk/nrl)