Muladi: Tak Perlu Dramatisasi Tanribali Pimpin Sulsel

- detikNews
Selasa, 22 Jan 2008 13:32 WIB
Jakarta - Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Muladi menilai tidak perlu dramatisasi lagi dikotomi TNI-Sipil dalam pengangkatan Pjs Gubernur Sulawesi Selatan Tanribali Lamo. Yang terpenting ada ketenteraman hingga ada keputusan mengenai konflik pilkada di sana.

“Tanribali sudah jadi staf ahli Mendagri sejak Desember 2007, bukan lagi tentara, jadi tidak ada masalah, karena sudah meninggalkan jabatan Aspers KSAD. Jadi sudah sipil,” kata Muladi di sela-sela pembukaan kursus reguler di Gedung Lemhannas, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (22/1/2008).

Justru yang terpenting, menurut Muladi, ada ketenangan situasi sementara di Sulsel pascahasil perolehan suara yang menjadi konflik antara dua kubu. Ketenangan ini diperlukan sampai menunggu keputusan PK dari Mahkamah Agung.

“Ini langkah yang paling tepat, tidak perlu didramatisasi lagi dikotomi TNI-Polri dan sipil, dia sudah sipil, kecuali masih jadi tentara itu lain lagi,” jelasnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Mendagri Mardiyanto enggan berkomentar banyak soal pengangkatan Tanribali Lamo sebagai Pjs Gubernur Sulsel tersebut. “Sudah sesuai prosedur, tidak ada kecacatan, kemarin saya sudah bicara,” katnya singkat.

(zal/nrl)