DetikNews
Minggu 25 November 2007, 03:29 WIB

Kevin Rudd Akan Tarik Pasukan Australia di Irak

- detikNews
Sydney - Ribut-ribut kemenangan Kevin Rudd dalam Pemilu Australia mengakhiri kepemimpinan di bawah PM John Howard selama 11 tahun. Rudd berjanji akan mengubah rangkaian kebijakan seperti dalam perubahan iklim dan perang Irak.

Rudd akan menarik tentara Australia dari Irak dan mensahkan Protokol Kyoto mengenai perubahan iklim yang sebelumnya ditolak Howard.

"Masa depan sangat penting agar bekerja sama untuk mencapai tujuan," kata Rudd seperti yang diberitakan AFP, Minggu (25\/11\/2007).

Dalam pidatonya, Rudd mengatakan akan berusaha keras untuk petani Australia dalam menghadapi kekeringan pada abad ini, krisis yang menjadi perhatian nasional adalah isu perubahan iklim dan penolakan penandatanganan Protokol Kyoto oleh Howard.

Sementara Howard , sekutu Presiden AS George W Bush dalam perang Irak , telah mengakui kekalahannya dan sangat dimungkinkan dia akan kehilangan kursi.

"Beberapa menit lalu saya menelpon Mr Rudd dan saya ucapkan selamat," kata Howard.

Gedung putih telah menyelamati Rudd. Bush mengatakan akan bekerja sama dengan pemerintah yang baru. "Amerika dan Australia telah berteman sejak lama dan presiden akan melanjutkan kerja sama dengan pemerintah baru untuk melanjutkan hubungan kita," ujar juru bicara Emily Lawrimore.

Partai Buruh telah mendapat 53,3 persen suara dibandingkan suara Howard yang mencapai 46,7 persen, dari 73 persen yang sudah dihitung.



(mly/mly)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed