Eliezer Kutip Jaksa Agung Legenda Baharuddin Lopa: Berani Benar Meski Sendiri

ADVERTISEMENT

Eliezer Kutip Jaksa Agung Legenda Baharuddin Lopa: Berani Benar Meski Sendiri

Dwi Andayani - detikNews
Kamis, 02 Feb 2023 17:07 WIB
Terdakwa Richard Eliezer dan tim penasehat hukum kembali hadir di persidangan kasus pembunuhan Josua di PN Jakarta Selatan, Rabu (25/1/2023).
Bharada Eliezer (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Bharada Richard Eliezer Pudihang menyampaikan duplik terkait kasus pembunuhan Brigadir N Yosua Hutabarat. Pihak Eliezer mengutip pesan keadilan dari mantan Jaksa Agung Baharuddin Lopa.

"Sebelum kami mengakhiri duplik ini, izinkan kami mengutip pesan luhur dari tokoh penegak keadilan yang juga mantan Jaksa Agung Republik Indonesia Bapak Baharuddin Lopa," ujar kuasa hukum Eliezer, Ronny Talapesy, dalam persidangan di PN Jaksel, Kamis (2/2/2023).

Isi pesan tersebut mengingatkan agar menjadi benar meski berjalan sendirian.

"Banyak yang salah jalan tapi merasa tenang karena banyak teman yang sama-sama salah. Beranilah menjadi benar meskipun sendirian," tutur Ronny.

Ronny mengatakan pihaknya tetap berpegang pada nota pembelaan yang telah disampaikan. Dia juga meminta hakim menolak replik yang diberikan jaksa.

"Tim penasihat hukum terdakwa tetap berpegang teguh pada nota pembelaan/pleidoi yang telah kami bacakan pada hari Rabu, tanggal 25 Januari 2023. Oleh karenanya dalil-dalil yang dikemukakan oleh penuntut umum dalam replik haruslah dikesampingkan karena tidak berdasarkan hukum dan tidak memiliki argumentasi yuridis yang kuat," tuturnya.

Bharada Richard Eliezer dituntut hukuman 12 tahun penjara dalam kasus ini. Jaksa meyakini Eliezer bersalah dalam pembunuhan berencana terhadap Yosua.

(dwia/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT