Pemprov DKI Siap Sukseskan Keketuaan ASEAN Indonesia 2023

ADVERTISEMENT

Pemprov DKI Siap Sukseskan Keketuaan ASEAN Indonesia 2023

Jihaan Khoirunnisa - detikNews
Senin, 30 Jan 2023 15:43 WIB
Pengendara motor melintas di depan logo KTT ASEAN Summit 2023 di Bundaran HI, Jakarta, Jumat (27/1/2023). Indonesia akan menjadi tuan rumah bagi perhelatan KTT ASEAN Summit 2023, pertemuan tersebut akan dilaksanakan pada bulan Mei mendatang di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, (NTT).
Foto: Galih Pradipta/Antara Foto
Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia telah menggelar Kickoff Keketuaan ASEAN Indonesia 2023. Pada kesempatan tersebut Pemprov DKI menyatakan siap menyukseskan Keketuaan ASEAN yang diemban Indonesia, dengan Jakarta sebagai tuan rumahnya.

Kepala Biro Kerja Sama Daerah Provinsi DKI Jakarta, Marulina Dewi mengatakan Kick off ASEAN 2023 menandakan kesiapan RI dalam menyelenggarakan rangkaian KTT ASEAN sepanjang tahun 2023.

"Sekaligus memberikan public awareness kepada masyarakat terkait Keketuaan ASEAN 2023," ujar Marulina dalam keterangan tertulis, Senin (30/1/2023).

Diketahui kick off tersebut berlangsung pada Minggu (29/1) kemarin, bertepatan dengan pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD). Acara tersebut dimulai sejak pukul 07.00 WIB di Bundaran Hotel Indonesia, dan diramaikan oleh ribuan masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Presiden Joko Widodo mengaku optimistis ASEAN akan tetap relevan dengan masyarakat, menciptakan Indo Pasifik yang damai dan stabil, serta menjadi pusat pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, acara ini juga disemarakkan oleh berbagai parade, mulai dari Parade Merah Putih yang diikuti sekitar 3.000 orang dan Parade Nusantara yang diikuti 500 orang. Barisan parade terdiri dari marching band, rangkaian bendera Merah Putih RI dan negara ASEAN lainnya, karnaval pakaian negara ASEAN, karnaval pakaian nusantara, dan karnaval kelompok musik perkusi.

Tidak hanya itu saja kick off ini juga dimeriahkan oleh penampilan kelompok-kelompok seni khas Jakarta, seperti tarian Betawi dan ondel-ondel. Marulina mengungkapkan peserta parade tersebut terdiri dari berbagai perwakilan masyarakat di Jakarta, mulai dari kelompok sanggar Mawar Budaya, Rumah Musik Jakarta, Paskibra DKI Jakarta, pelajar sejumlah SMA Jakarta, kelompok musik Altajuru, pemadam kebakaran, hingga Sekolah Seni Yonif. Turut serta dalam barisan parade para Duta Besar negara sahabat dan perwakilan organisasi internasional.

Lihat juga video 'Jokowi Pimpin Kick Off Keketuaan ASEAN 2023 di Bundaran HI:

[Gambas:Video 20detik]



(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT