Ketua Komisi D DPRD DKI: Sodetan Ciliwung Memang 6 Tahun Mangkrak

ADVERTISEMENT

Ketua Komisi D DPRD DKI: Sodetan Ciliwung Memang 6 Tahun Mangkrak

Brigitta Belia Permata Sari - detikNews
Kamis, 26 Jan 2023 13:01 WIB
Proyek sodetan Kali Ciliwung sempat mangkrak selama 6 tahun. Namun, Jokowi menargetkan proyek tersebut selesai pada April 2023 mendatang.
Sodetan Ciliwung (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang melanjutkan sodetan Ciliwung setelah mangkrak 6 tahun. Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP Ida Mahmudah membenarkan proyek tersebut sudah lama mangkrak.

"Ya memang sodetan Ciliwung 6 tahun mangkrak. Kebetulan sebelum Pak Jokowi hadir, saya sudah datang ke sana, ke lokasi. Kalau tidak salah kemarin hanya kurang 7 meter," kata Ida saat dihubungi, Kamis (26/1/2023).

Dia yakin sodetan Ciliwung rampung pada April setelah meninjau proyek tersebut sehingga mampu mengurangi debit banjir di Kali Ciliwung menuju KBT.

"Makanya dalam waktu dekat, April, Pak Jokowi akan meresmikan itu dan saya yakin betul April sudah diselesaikan semua. Kalaupun belum terselesaikan, hanya kecil-kecil saja," kata Ida.

Ida menjelaskan, proyek sodetan dengan panjang 1,26 kilometer ini sebelumnya sempat terhambat masalah pembebasan lahan. Ida meminta Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Yusmada Faizal menyelesaikan urusan tersebut.

"Ada tugas pemerintah daerah DKI Jakarta terkait dengan pembebasan lahan yang memang saya minta Pak Yusmada sebagai Kepala Dinas ADA untuk sesegera mungkin berkomunikasi dengan masyarakat," tuturnya.

Politikus PDIP itu melanjutkan ada beberapa bidang lahan yang harus dibebaskan. Sebab, harus ada pembangunan jembatan yang tanahnya milik warga.

"Kalau memang ada lahan yang masih bermasalah, saya minta ada konsinyasi di pengadilan uangnya," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan maksud pernyataannya terkait proyek sodetan Kali Ciliwung 'nggak diapa-apain' selama 6 tahun. Basuki mengatakan pernyataan itu terkait tahapan pembangunan sodetan Kali Ciliwung.

"Kan ada di tabel yang 600 meter di outlet itu dari 2014-2015 selesai. Yang sekarang ini dari 2021 mulai kerjanya, akhir 2021. Jadi setelah 2015, baru 2021 lagi baru mulai," kata Basuki kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (25/1).

Untuk diketahui, total panjang terowongan sodetan Kali Ciliwung menuju KBT ini mencapai 1,2 kilometer. Proyek tersebut sempat terhenti karena urusan pembebasan lahan.

"Iya (pembebasan lahan), termasuk outlet sana 2015-2017 baru dipasang sheet pile-nya, tapi tanahnya belum dinormalisasi," ujar Basuki.

Menurut Basuki, pembebasan lahan itu ternyata bisa dilakukan. Namun dia tak mengetahui pendekatan apa yang dilakukan Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono.

"Saya kan tergantung pemdanya. Ternyata beliau bisa itu," ujar Basuki.

Simak Video 'Kagetnya Jokowi Sodetan Ciliwung yang Mangkrak 6 Tahun Kini Lanjut Lagi':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT