Berulang Kali Jokowi Bilang Tak Mudah tapi Berhasil Lewati 3 Tahun Pandemi

ADVERTISEMENT

Berulang Kali Jokowi Bilang Tak Mudah tapi Berhasil Lewati 3 Tahun Pandemi

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kamis, 26 Jan 2023 10:42 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi (Lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berulang kali menyampaikan sulitnya mengatasi COVID-19. Kendati demikian, menurut Jokowi, Indonesia berhasil melewati masa-masa pandemi selama tiga tahun ini.

Pernyataan terbaru Jokowi mengenai keberhasilan Indonesia mengatasi pandemi meski tidak mudah itu disampaikan di Rakornas Transisi Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional 2023, Kamis (26/1/2023). Jokowi mengatakan selama tiga tahun ini pemerintah bekerja keras menangani pandemi.

"Pertama-tama saya ingin menyampaikan terimakasih kepada bapak ibu semuanya dan seluruh jajaran dari tingkat pusat sampai ke tingkat desa yang telah bekerja keras selama tiga tahun dalam menangani pandemi maupun mengatasi ekonomi kita," kata Jokowi.

Jokowi menuturkan, menangani pandemi COVID-19 merupakan tantangan yang sangat berat. Apalagi Indonesia tidak memiliki pengalaman dalam menangani pandemi.

"Sebuah tantangan yang sangat berat, sebuah persoalan yang sangat-sangat berat yang kita hadapi saat itu dan tidak ada standarnya tidak ada pakemnya, karena memang kita semuanya belum memiliki pengalaman dalam menangani pandemi ini," ungkapnya.

Selain itu, menurut Jokowi, tekanan tidak hanya datang dari sisi kesehatan, tapi juga ditekan dari sisi ekonomi. Dia mengungkapkan bahwa manajemen gas dan rem antaran kesehatan dan ekonomi bukanlah hal yang mudah saat itu.

"Melakukan manajemen gas dan rem itu juga bukan sesuatu yg mudah. Begitu itungan salah sedikit, ekonomi akan jatuh, tetapi begitu gasnya terlalu kenceng juga, pandeminya juga bisa naik. Itulah yang kita lakukan menjaga keseimbangan antara kesehatan dan ekonomi yang semuanya menekan manajemen negara. Tidak mudah," papar Jokowi.

Kendati demikian, menurut Jokowi, berkat kerja keras pemerintah dari tingkat pusat hingga desa, juga TNI dan Polri, Indonesia bisa mengatasi pandemi COVID-19. Kini, lanjutnya, Indonesia pun bisa masuk ke masa transisi.

"Setelah PPKM kita cabut di akhir tahun 2022, masa ini adalah masa transisi dan kita tetap harus waspada," ujar dia.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan Video 'Cerita Jokowi Bersemedi 3 Hari Tentukan RI Tak Lockdown saat Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]






ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT