Lieus Meninggal Dunia, Din Syamsuddin Kenang Perjuangan Deklarasi KAMI

ADVERTISEMENT

Lieus Meninggal Dunia, Din Syamsuddin Kenang Perjuangan Deklarasi KAMI

Adrial Ak - detikNews
Rabu, 25 Jan 2023 15:51 WIB
Din Syamsuddin
Din Syamsuddin (Yudha Maulana/detikcom)
Jakarta -

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin, berduka atas meninggalnya aktivis Lieus Sungkharisma. Din merasa kehilangan seorang sahabat.

"Ya saya dan banyak dari kawan-kawan berduka ya. Atas meninggalnya sahabat baik kami Lieus Sungkharisma. Dan segera ini saya akan segera ke sana, ke tempat duka," ujar Din di kampus UMJ, Tangerang Selatan, Rabu (25/1/2023).

Din menuturkan dirinya bersama Lieus telah lama berjuang bersama-sama. Salah satunya ketika mendeklarasikan hadirnya Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI).

"(Telah lama bersama-sama) untuk melakukan gerakan moral. Mengkritik kebijakan pemerintah di akhir rezim orde baru. Dan oleh karena itu terus menerus bersama kami ikut juga sebagai deklarator KAMI, Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia," katanya.

Din mengenal Lieus sebagai sosok pejuang dari kalangan nonmuslim yang berani. Ia juga mengungkap pernah meminta Lieus jangan terlalu 'keras' dalam melakukan perjuangan.

"Dia itu tipe pejuang yang berani. Tidak banyak yang berani mengatakan kebenaran dari kalangan nonmuslim. Kita sempat wanti-wanti jangan terlalu keras, tapi karena beliau dengan hati nurani, melakukan apa gerakan moral itu dan bahkan pernah ditangkap," kata dia.

Din menyebut kehilangan sosok aktivis yang sangat berani. Ia juga berdoa agar Lieus diberikan tempat terbaik oleh Tuhan.

"Jadi kita merasa kehilangan sosok aktivis, yang berani untuk mengatakan yang benar sebagai kebenaran, yang salah sebagai kesalahan. Dan semoga walaupun bukan muslim, Tuhan Yang Maha Esa maha kuasa memberi tempat seusai dengan amal perbuatan," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, aktivis Lieus Sungkharisma meninggal dunia. Lieus dikabarkan meninggal karena sakit jantung.

Kabar duka ini dibenarkan oleh Ketua GP Mania Immanuel Ebenezer atau Noel. Dia mendapatkan kabar tersebut dari keluarga dan staf Lieus Sungkharisma.

"Betul beliau meninggal dunia," kata Noel saat dikonfirmasi, Rabu (25/1/2023).

Noel mendengar kabar Lieus Sungkharisma meninggal karena sakit jantung. Namun, dia belum mengetahui pukul berapa tepatnya Lieus Sungkharisma meninggal dunia.

"Iya turut bersedih, (meninggal karena) sakit jantung," ucap Noel.

Simak Video 'Kabar Duka, Lieus Sungkharisma Meninggal Dunia':

[Gambas:Video 20detik]




(eva/eva)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT