Analisis BMKG soal Gempa M 4,3 Cianjur yang Sempat Dirasakan di Jakarta

ADVERTISEMENT

Analisis BMKG soal Gempa M 4,3 Cianjur yang Sempat Dirasakan di Jakarta

Indra Komara - detikNews
Selasa, 24 Jan 2023 07:57 WIB
Ilustrasi Gempa di Vanuatu
Foto: Getty Images/iStockphoto/Petrovich9
Jakarta -

Gempa M 4,3 mengguncang Cianjur, Jawa Barat. Gempa ini sempat dirasakan di Jakarta hingga Depok.

BMKG menyampaikan gempa ini mengalami update kekuatan dari M 4,4 menjadi M 4,3. Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto menyampaikan gempa ini akibat aktivitas Sesar Cugenang.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang," ujar Hartanto dalam keterangannya, Selasa (24/1/2023).

Gempa ini terjadi pukul 02.45 WIB dengan kedalaman gempa 10 km. BMKG menyampaikan gempa ini sempat dirasakan di Cikalongkulon, Cipanas, Sukabumi, dan Cianjur dengan skala MMI III-IV.

Gempa juga dirasakan di Purwakarta dengan skala MMI III. Dia mengatakan getaran gempa juga dirasakan di Jakarta Selatan, Tangerang Selatan, Bekasi, dan Depok dengan skala MMI II.

BMKG mencatat sejak 21 November hingga hari ini per pukul 03.15 WIB, telah terjadi gempa susulan sebanyak 487 kali di Cianjur.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ucap Hartanto.

Simak Video 'Warganet Bagikan Momen Cianjur Diguncang Gempa M 4,3':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT