Jokowi: Februari Ini Turis dari China Berbondong-bondong ke Manado

ADVERTISEMENT

Jokowi: Februari Ini Turis dari China Berbondong-bondong ke Manado

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jumat, 20 Jan 2023 12:48 WIB
Manado -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia telah membuka pintu masuk bagi turis asing, termasuk dari China. Bahkan, kata Jokowi, pada awal Februari 2023, turis dari China akan ramai mengunjungi Manado, Sulawesi Utara.

Hal ini disampaikan Jokowi saat mengunjungi Kawasan Wisata Bunaken, Jumat (20/1/2023). Jokowi menyampaikan harapannya agar turis mancanegara yang berkunjung ke Manado kembali ramai.

"Kita harapkan turis mancanegara bisa kembali lagi ramai dan masuk ke Manado, ke Sulawesi Utara, khususnya juga ke Bunaken. Ya kita membuka untuk turis semua negara tanpa kecuali, termasuk dari China, dari Tiongkok, silakan," kata Jokowi.

"Saya lihat di awal Februari ini akan berbondong-bondong ramai turis dari Tiongkok akan masuk ke Manado, ke Sulawesi Utara," imbuhnya.

Karena itu, Jokowi memperbaiki infrastruktur di Manado. Jokowi mengungkapkan, saat ini sudah ada 50 homestay yang disiapkan untuk mengakomodasi para turis asing.

"Terbuka, sudah terbuka, tapi kawasan itu ingin kita perbaiki infrastrukturnya. Kawasan ekonomi khusus untuk pariwisata juga kita berikan perhatian sehingga Manado, Sulawesi Utara, betul-betul menjadi sebuah wisata prioritas, utamanya memang di sini turis dari China," tuturnya.

Kendati demikian, Jokowi mewanti-wanti agar protokol kesehatan tetap diterapkan. Menurutnya, tidak perlu ada kekhawatiran terhadap turis China yang datang, lantaran Negeri Tirai Bambu itu juga melakukan pengecekan yang ketat terhadap warga yang akan meninggalkan negara tersebut.

"Wisatawan, sekali lagi, kita terbuka untuk turis dari mana pun, tapi yang kita lihat yang akan banyak ini dari China, dari Tiongkok, dan yang paling penting protokol kesehatan. Tapi di Tiongkok sendiri saya lihat yang mau keluar sudah dicek semuanya oleh negara mereka, jadi kita nggak perlu khawatir," papar Jokowi.

(mae/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT