Sukarno dan Ali Alatas Akan Jadi Nama Jalan di Kamboja

ADVERTISEMENT

Sukarno dan Ali Alatas Akan Jadi Nama Jalan di Kamboja

Dwi Andayani - detikNews
Kamis, 19 Jan 2023 22:19 WIB
Duta Besar RI untuk Kamboja Sudirman Haseng meninjau lokasi dua jalan yang akan diberi nama Jalan Soekarno dan Jalan Ali Alatas (dok. KBRI)
Duta Besar RI untuk Kamboja Sudirman Haseng meninjau lokasi dua jalan yang akan diberi nama Jalan Sukarno dan Jalan Ali Alatas. (Dok. KBRI)
Jakarta -

Nama Presiden RI ke-1 Sukarno dan mantan Menteri Luar Negeri (Menlu) Ali Alatas akan dijadikan nama jalan di Kamboja. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan atas jasa keduanya pada Kamboja.

Dilihat detikcom, Kamis (19/1/2023), kabar ini disampaikan melalui akun resmi KBRI Phnom Penh @IndonesiainPNH. Akun KBRI juga tampak mengunggah foto Duta Besar RI untuk Kamboja Sudirman Haseng saat bertemu dengan pejabat Kamboja.

Diketahui Sudirman Haseng melakukan kunjungan kehormatan ke Gubernur Phnom Penh Khuong Sreng pada Selasa, 17 Januari 2023. Setelah melakukan kunjungan Sudirman Haseng, meninjau lokasi dua jalan yang akan diberi nama Jalan Sukarno dan Jalan Ali Alatas.

"Di akhir kunjungan, Dubes Sudirman juga dibawa meninjau 2 jalan yang rencananya akan diberi nama Sukarno dan Ali Alatas," tulis akun Indonesia in Phnom Penh.

Pemberian nama jalan dengan nama dua tokoh ini disebut sebagai bentuk penghormatan dari bangsa Kamboja. Kedua pemimpin Indonesia ini disebut telah berjasa menciptakan perdamaian di Kamboja.

"Sebagai bentuk penghargaan serta penghormatan bangsa Kamboja terhadap jasa-jasa kedua pemimpin Indonesia tersebut bagi penciptaan perdamaian di Kamboja," tulisnya.

Untuk diketahui, Ali Alatas merupakan menteri luar negeri di era kepemimpinan Soeharto pada 1987-1999. Ali Alatas dikenal piawai dalam di bidang diplomatik, serta berjasa dalam perdamaian di dunia internasional, salah satunya perdamaian dan kemerdekaan Kamboja.

(dwia/zap)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT