Gempa Bone Bolango di Gorontalo 18 Januari 2023: Lokasi, Kekuatan, Penyebab

ADVERTISEMENT

Gempa Bone Bolango di Gorontalo 18 Januari 2023: Lokasi, Kekuatan, Penyebab

Yulida Medistiara - detikNews
Rabu, 18 Jan 2023 10:52 WIB
Gempa mengguncang Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo pada Rabu, 18 Januari 2023 pagi. Gempa bumi tersebut berkekuatan M 6,3 dan tidak memiliki potensi tsunami.
Ilustrasi gempa bumi (Foto: detikcom/Mindra Purnomo)
Jakarta -

Gempa mengguncang Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo pada Rabu, 18 Januari 2023 pagi. Gempa bumi tersebut berkekuatan M 6,3 dan tidak memiliki potensi tsunami.

Sejumlah daerah ikut merasakan gempa di Bone Bolango pagi tadi. Berdasarkan pemaparan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), berikut informasi selengkapnya tentang gempa Bone Bolango.

Titik Gempa Bone Bolango

Gempa dengan kekuatan M 6,3 melanda Bone Bolango, Gorontalo pada Rabu (18/1/2023) pukul 07.34 WIB. Gempa bumi itu memiliki kedalaman 138 Km.

"#Gempa Mag:6.3, 18-Jan-23 07:34:46 WIB, Lok:0.07 LS,123.28 BT (69 km Tenggara BONEBOLANGO-GORONTALO), Kedlmn:138 Km," dikutip dari akun Twitter @infoBMKG, Rabu (18/1/2023).

Gempa mengguncang Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo pada Rabu, 18 Januari 2023 pagi. Gempa bumi tersebut berkekuatan M 6,3 dan tidak memiliki potensi tsunami.Gempa mengguncang Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo pada Rabu, 18 Januari 2023 pagi. Gempa bumi tersebut berkekuatan M 6,3 dan tidak memiliki potensi tsunami. (Foto: Robby Bernardi/detikcom)

Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa M 6,3 di Bone Bolango tidak menimbulkan tsunami. Seperti diketahui, gempa tersebut berada pada koordinat 0.07 LS (Lintang Selatan) - 123.28 BT (Bujur Timur) atau 69 km tenggara Kabupaten Bone Bolango.

"Tidak berpotensi tsunami," kata BMKG, Rabu (18/1/2023).

Daerah yang Merasakan Gempa

Hingga kini, belum ada laporan mengenai kerusakan dan korban jiwa akibat gempa di Bone Bolango. Berikut adalah daerah-daerah yang sempat merasakan gempa Bone Bolango beserta skala MMI nya.

  • III-IV MMI:
    - Luwuk dan Ampana
  • III MMI:
    - Kota Kotamobagu
    - Kabupaten Gorontalo
    - Kabupaten Pohuwato
    - Kota Gorontalo
    - Bolaang Mongondow Timur
    - Bolaang Mongondow Utara
    - Bolaang Mongondow
    - Taliabu
    - Boalemo
    - Minahasa Selatan
    - Minahasa Tenggara
    - Kabupaten Bone Bolango
    - Toli-toli
    - Poso
  • II-III MMI:
    - Kabupaten Gorontalo Utara
    - Sanana
    - Palu
  • II MMI:
    - Ternate
    - Morowali
    - Manado
    - Halmahera Selatan
    - Labuha.

Penyebab Gempa Bone Bolango

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG mengatakan berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi Bone Bolango merupakan jenis gempa bumi intraslab dengan kedalaman menengah akibat adanya deformasi batuan dalam Lempeng Sangihe di bawah Teluk Tomini. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Gempa dengan parameter pembaruan magnitudo 6,1 tersebut dipicu deformasi atau perubahan bentuk Lempeng Sangihe.

"Gempa M 6,1 (update) kedalaman 148 km guncang Lengan Utara Sulawesi dan Luwuk dalam skala intensitas IV MMI dipicu deformasi dalam Lempeng Sangihe (intraplate earthquake)," kata Daryono kepada wartawan, Rabu (18/1/2023).

Imbauan Waspada Gempa Susulan

Pihak BMKG mengimbau masyarakat agar waspada terhadap gempa susulan pasca gempa di Bone Bolango. Selain itu, masyarakat juga diminta tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang belum tentu benar.

"Hat-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," kata BMKG.

(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT