Satpol PP DKI Anggarkan Rp 321 Juta Beli 20 Sepeda Listrik untuk Patroli CFD

ADVERTISEMENT

Satpol PP DKI Anggarkan Rp 321 Juta Beli 20 Sepeda Listrik untuk Patroli CFD

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 17 Jan 2023 15:47 WIB
Kasatpol PP DKI Jakarta, Arifin (Wildan Noviansah/detikcom)
Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin (Wildan Noviansah/detikcom)
Jakarta -

Satpol PP DKI Jakarta menganggarkan Rp 321 juta untuk membeli 20 unit sepeda listrik. Puluhan sepeda listrik itu akan digunakan untuk patroli selama kegiatan car free day (CFD) di Ibu Kota.

"Cuma 20 (unit) untuk patroli bersepeda untuk CFD ya," kata Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin di DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (17/1/2023).

Arifin meyakini pengadaan sepeda listrik dapat membantu tugas personel di lapangan. Sebab, mereka kerap berpatroli di seluruh titik CFD.

"Bayangkan yang naik sepeda ini tiap waktu dia keliling dari mulai Balkot sampai ke Patung Pemuda Senayan, kemudian juga wanita Srikandi. Kan gowes terus. Kalau sepeda listrik itu kan ada yang bisa memang manual ketika listriknya dimatikan, kalau dia membutuhkan dia bisa pakai listriknya gitu lho. Untuk membantu kelancaran tugas mereka," ujarnya.

Rincian anggaran belanja sepeda listrik itu tertuang dalam dokumen paparan Satpol PP DKI Jakarta yang disampaikan dalam Rapat Komisi A DPRD DKI Jakarta, Selasa (17/1/2023). Dilihat detikcom, belanja sepeda listrik masuk dalam pagu anggaran penyediaan kendaraan dinas operasional Satpol PP DKI Jakarta sebesar Rp 11.419.351.760.

Khusus untuk pengadaan 20 unit sepeda listrik disiapkan anggaran senilai Rp 321 juta. Rinciannya, satu unit sepeda listrik seharga Rp 14,5 juta dengan spesifikasi 250 W dan Baterai 36 V.

Selain sepeda listrik, Satpol PP juga menganggarkan pembelian 324 unit sepeda motor patroli matic senilai Rp 11 miliar. Rinciannya, satu unit motor seharga Rp 30,8 juta.

(taa/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT