Kabel Listrik Kendor Bahayakan Warga Agam, Andre Rosiade 'Colek' Bos PLN

ADVERTISEMENT

Kabel Listrik Kendor Bahayakan Warga Agam, Andre Rosiade 'Colek' Bos PLN

Sukma Nur Fitriana - detikNews
Sabtu, 07 Jan 2023 09:37 WIB
Kabel Kendor Bahayakan Warga Agam
Foto: Istimewa
Jakarta -

Anggota DPR RI Andre Rosiade membantu memfasilitasi perbaikan kabel listrik yang meresahkan warga di Dusun Pauah, Nagari Lasi, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Pasalnya, kabel listrik sepanjang 170 meter di dusun tersebut kendor tanpa tiang penyangga dan nyaris menyentuh tanah di dua titik berbeda.

Sebelumnya Andre mendapatkan surat terbuka dari salah satu warga, Feri Tan Agam yang memintanya untuk menindaklanjuti laporan warga ke Kantor Jaga PLN Biaro di Koto Hilalang, Kecamatan IV Angkek.

Menanggapi surat tersebut, Andre pun segera menghubungi Direktur Distribusi PLN Adi Priyanto dan General Manager PLN Unit Induk Distribusi (GM UID) Sumatera Barat, Eric Rossi Priyo Nugroho. Keduanya langsung bertindak karena kabel tersebut dianggap membahayakan warga.

"Tak begitu lama, kami kembali dikontak oleh manajemen PLN yang menyatakan segera memastikan kabel tersebut segera diamankan. Benar saja, kami sudah mendapatkan foto-foto pengerjaan di lapangan dan sudah bertemu pemilik rumah. Artinya, kabel itu tidak lagi membahayakan warga. Terima kasih Pak Adi Priyanto dan Pak Eric Rossi," kata Andre dalam keterangan tertulis, Sabtu (7/1/2023).

Sementara itu, Eric Rossi menuturkan setelah mendapatkan laporan soal keluhan warga itu, ia langsung meminta timnya untuk bergerak ke lokasi.

"Dari informasi lapangan, tim menilai service wedge clamp atau pengait kabel ke rumah terlepas, karena umur dan korosi cuaca. Tadi siang sudah diperbaiki rekan-rekan di lapangan dan bertemu penghuni rumah tersebut," ujar Eric.

Sebagai informasi, Feri Tan Agam menyebutkan jika sebelumnya warga telah memberikan laporan langsung ke kantor PLN, namun sayangnya tidak mendapatkan respond sehingga dirinya mengirimkan surat terbuka untuk Andre Rosiade. Sembari mendapatkan respon, warga juga berinisiatif menggantungkan sebagian kabel ke atas pohon.

"Sayang belum direspons dan kami coba kirimkan ke bang Andre Rosiade. Bentangan kabel tersebut sangat mengganggu aktivitas warga, terutama yang berada di halaman rumahnya. Kalau tidak diperbaiki, takutnya akan ada korban jiwa," cerita Feri Tan Agam.

Lebih lanjut, setelah diperbaiki Feri Tan Agam berterima kasih kepada PLN dan Andre Rosiade yang telah mendengar keluhan warga dan ditindaklanjuti dengan cepat.

"Alhamdulillah, terima kasih PLN dan pak Andre Rosiade. Bagi kami tentu suatu kehormatan bisa berkomunikasi dengan anggota DPR RI yang juga bisa langsung menunjukkan kinerja baiknya," tandasnya.

(ncm/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT