Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi, Warga Diminta Tak Mendekat

ADVERTISEMENT

Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi, Warga Diminta Tak Mendekat

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kamis, 05 Jan 2023 01:02 WIB
Gunung Krakatau yang juga dikenal sebagai Krakatoa atau Cracatoa adalah sebuah kepulauan vulkanik yang berada di perairan Selat Sunda, antara Pulau Jawa dan Sumatera. Ketinggian Gunung Anak Krakatau sekitar 305 meter di atas permukaan laut (m dpl) dan masih bisa bertambah seiring dengan keluarnya material vulkanik ketika mengalami erupsi. Sejarah letusan besar Gunung Krakatau terekam tahun 1883 yang dentumannya terdengar di Singapura dan Australia.
Ilustrasi Gunung Anak Krakatau (Andersen Oystein/Getty Images).
Jakarta -

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan Gunung Api Anak Krakatau kembali erupsi. Warga atau pengunjung dilarang mendekat pada radius tertentu.

"Terjadi erupsi G. Anak Krakatau pada hari Kamis, 05 Januari 2023, pukul 00:13 WIB. Tinggi kolom letusan teramati ± 750 m di atas puncak (± 907 m di atas permukaan laut)," tulis Anggi Nuryo Saputro, dalam situs PVMBG, Kamis (5/1/2022).

Abu erupsi Gunung Anak Krakatau disebut berwarna kelabu. Intensitas Abu dilaporkan cukup tebal ke arah timur laut. "Saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung," katanya.

PVMBG pun memberikan rekomendasi. Disebut, masyarakat dilarang aktivitas mendekat Anak Krakatau.

"Masyarakat/pengunjung/wisatawan/pendaki tidak mendekati G. Anak Krakatau atau beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah aktif," katanya.

Simak Video: Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi 2 km

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT