MRT Uji Coba Robot DINA di Stasiun Lebak Bulus, Bisa Apa Saja?

ADVERTISEMENT

MRT Uji Coba Robot DINA di Stasiun Lebak Bulus, Bisa Apa Saja?

Jabbar Ramdhani - detikNews
Kamis, 29 Des 2022 20:25 WIB
PT MRT Jakarta mengoperasikan robot pintar DINA yang berpatroli di dalam area Stasiun MRT Lebak Bulus, Jaksel. (dok MRT Jakarta)
PT MRT Jakarta mengoperasikan robot pintar DINA yang berpatroli di dalam area Stasiun MRT Lebak Bulus, Jaksel. (dok MRT Jakarta)
Jakarta -

PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta mengoperasikan robot pintar (ropi) yang berpatroli di dalam area Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan (Jaksel). Robot DINA (Digital Intelligent Assistant) ini masih dalam tahap uji coba.

"Fungsi dari robot DINA ini ialah melakukan patroli di area stasiun untuk mengawasi fasilitas dan kondisi area publik, terutama saat window time (waktu setelah operasional)," kata Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta, Muhammad Effendi, seperti dilihat di situs MRT, Kamis (29/12/2022).

Robot DINA diluncurkan MRT bersama tim pengembang dan akademisi Universitas Gunadarma pada Jumat (23/12). Robot yang dapat berinteraksi dengan penumpang MRT ini baru dioperasikan hanya di Stasiun Lebak Bulus Grab, Jaksel.

Robot ini berbentuk seperti koper putih beroda empat dengan layar besar dan kamera yang terintegrasi.

"Selain itu, alat ini juga melakukan interaksi dua arah dengan penumpang karena robot DINA tersambung dengan petugas di stasiun sehingga pengguna jasa dapat bertanya dan berbicara langsung dengan petugas tersebut. Sederhananya, robot ini adalah DINA berjalan," tuturnya.

Effendi bersama salah satu penumpang melakukan uji coba komunikasi dengan robot DINA. Dia mengatakan robot DINA ini juga dapat diakses menggunakan ponsel pintar.

PT MRT Jakarta mengoperasikan robot pintar DINA yang berpatroli di dalam area Stasiun MRT Lebak Bulus, Jaksel. (dok MRT Jakarta)Robot DINA menarik perhatian penumpang MRT di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jaksel. (dok MRT Jakarta)

"Penumpang tersebut melihat saya melalui layar di robot DINA dan saya melihat melalui layar komputer yang nantinya ada di salah satu ruangan di stasiun. Bahkan, kita bisa mengecek dan melihat apa yang dilihat oleh robot DINA ini melalui ponsel, meskipun sedang berada di rumah atau kantor," ungkapnya.

Menurutnya, inovasi seperti ini juga membantu manajemen mengetahui kondisi nyata (real time) di stasiun sehingga membantu dalam pengambilan keputusan atau kebijakan. Robot DINA ini akan dikembangkan baik untuk membantu pelayanan pengguna jasa maupun sebagai fungsi pengawasan keamanan di stasiun.

ROPI dapat berpatroli secara otonom maupun menggunakan kendali petugas. Stasiun Lebak Bulus Grab dipilih menjadi lokasi uji coba ROPI karena menjadi salah satu stasiun besar dan tersibuk di jalur fase 1.

Ke depannya, akan dilakukan kajian dan evaluasi untuk penambahan di stasiun lain, termasuk untuk fase 2A. PT MRT Jakarta (Perseroda) juga mengajak para pengguna MRT Jakarta untuk mencoba berinteraksi dengan robot DINA ini.

(jbr/knv)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT