Kazakhstan Perkuat Kerja Sama Ekonomi-Budaya dengan Indonesia

ADVERTISEMENT

Kazakhstan Perkuat Kerja Sama Ekonomi-Budaya dengan Indonesia

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 29 Des 2022 01:40 WIB
Duta Besar Kazakhstan untuk Indonesia Daniyar Sarekenov
Daniyar Sarekenov (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Pemerintah Kazakhstan menyebut akan memperkuat kerja sama dengan Indonesia dalam bidang ekonomi hingga kebudayaan. Kazakhstan menyebut akan membuka pintu selebar-lebarnya untuk kerja sama dengan Indonesia.

"Arah kebijakan dalam dan luar negeri yang ditempuh Kazakhstan telah membuka pintu bagi peningkatan kerja sama dengan Indonesia, khususnya di bidang ekonomi," kata Duta Besar Kazakhstan untuk Indonesia Daniyar Sarekenov dalam keterangannya, Kamis (29/12/2022).

"Terdapat tren positif yang signifikan dalam volume perdagangan bilateral belakangan ini. Jika tahun lalu omset perdagangan adalah $174,2 juta (tingkat pertumbuhan lebih dari 100%), dan selama 10 bulan tahun ini meningkat sebesar 83% menjadi $295,4 juta," imbuhnya.

Sarekenov mengatakan Kazakhstan juga telah membuka konsulat di Surabaya. Hal ini, kata dia, sebagai jembatan untuk menghubungkan kalangan bisnis kedua negara.

"Pada bulan Agustus kami membuka Konsulat Kehormatan Kazakhstan di Surabaya sebagai jembatan yang menghubungkan kalangan bisnis negara kami. Forum Perdagangan dan Investasi Kazakh-Indonesia ke-1 berhasil diselenggarakan pada waktu yang sama. Pada bulan September kami menyelenggarakan perjalanan sosialisasi untuk agen wisata inti ASITA ke Kazakhstan untuk mempromosikan pariwisata," tutur dia.

Sarekenov menambahkan bahwa sejumlah langkah dilakukan dengan Kemenko Perekonomian Indonesia untuk kerja sama di tahun 2023. Kerja sama akan fokus pada perkuatan kerangka hukum hingga investasi.

"Pastinya, mekanisme utama untuk mengefektifkan realisasi potensi ekonomi adalah Kazakh-Indonesian Joint Commission for Economic Cooperation. Beberapa langkah direncanakan akan dilakukan tahun depan bersama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia. Upaya kami difokuskan pada area konkret - memperkuat kerangka hukum, investasi, minyak & gas, industri pertambangan dan manufaktur, sektor keuangan, logistik, dan kesehatan," tutur dia.

"Selain itu, banyak pekerjaan yang dilakukan dalam interaksi yang erat dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia. Kami mencoba untuk mengonsolidasikan eksportir dan pengusaha Kazakh dan Indonesia pada satu platform web untuk komunikasi operasional, menerbitkan informasi tentang produk, proyek, pesanan, rute logistik, dan lain-lain," lanjutnya.

Lebih lanjut, pada tahun 2023, Kazakhstan juga menunggu kedatangan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN).

"Pada kuartal kedua tahun 2023, kami mengharapkan kunjungan KADIN ke Kazakhstan untuk mengadakan Forum Perdagangan dan Investasi KazakhstŠ°n-Indonesia ke-2 dan membentuk Dewan Bisnis Kazakh-Indonesia," jelasnya.

Sarekenov menyebut Kazakhstan berupaya agar adanya interaksi budaya kedua negara. Karena itu, dia mendorong agar warga di kedua negara mengunjungi satu sama lain.

"Kami juga bertujuan untuk lebih mengembangkan interaksi budaya dan mendorong warga kedua negara untuk bepergian agar lebih mengenal satu sama lain. Hal ini akan menciptakan saling pengertian dan penghormatan terhadap sejarah, budaya, dan peradaban masing-masing serta keindahan dan alam kedua negara," katanya.

Sarekenov menilai pengembangan hubungan Kazakhstan-Indonesia di masa depan memiliki potensi yang sangat besar. Dia menyebut Kazakhstan memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk meningkatkan hasil yang bermanfaat dari hubungan bilateral.

"Saat dunia berupaya mengatasi tantangan yang terkait dengan kesulitan geopolitik dan ekonomi saat ini, kerja sama yang lebih erat antara Kazakhstan dan Indonesia menjadi penting," jelasnya.

"Kami bertekad untuk memperkuat hubungan kami dengan Indonesia di tahun mendatang, yang menandai peringatan 30 tahun hubungan diplomatik antar negara kami. Kami telah membangun landasan yang kuat untuk memperluas kerja sama kami. Saya memiliki banyak alasan untuk percaya bahwa kita akan mencapai tujuan kita bersama karena kita memiliki keinginan yang sama untuk ikatan yang kuat," lanjutnya.

Simak juga 'Year In Review 2022: Akselerasi Daerah Menyangga Pembangunan Nasional':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT