Cak Imin Minta Kementan Dilebur ke Kemendes, Apa Alasannya?

ADVERTISEMENT

Cak Imin Minta Kementan Dilebur ke Kemendes, Apa Alasannya?

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 22 Des 2022 17:38 WIB
Menkeu Sri Mulyani, Menteri BUMN Erick Thohir, Menkes Budi Gunadi Sadikin dan Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar jadi pembicara di #DemiIndonesia. Begini momennya.
Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengusulkan Kementerian Pertanian (Kementan) dilebur menjadi satu dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Apa alasannya?

Hal itu diungkapkan Cak Imin saat menyapa ribuan Relawan Bagus Muhaimin Jawa Barat di Agrowisata Tirta Kahuripan, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, pada Rabu (21/12). Cak Imin menyinggung kiprah dan peran penting Kemendes selama ini.

"Uang negara tidak harus habis di atas, tapi harus habis di tingkat bawah, di pendidikan dan desa," kata Cak Imin dalam keterangannya, Kamis (22/12/2022).

"Tahu nggak ketika krisis ekonomi, di atas gelempangan tidak mampu, justru yang di bawah yang bisa nahan. Kemarin saat pandemi semua sektor rontok, hanya pertanian yang punya daya tahan, dan itu desa," imbuhnya.

Setelah mengurai peran penting Kemendes, Cak Imin mengusulkan Kementan dilebur menjadi satu dengan Kemendes. Ia beralasan dua kementerian ini punya peran hampir sama dan jika disatukan bukan tidak mungkin akan lebih memberi dampak konkret bagi kemajuan desa.

"Kalau ide Kementerian Desa harus bertahan itu terlalu sederhana, bahkan Kementerian Pertanian harus ditarik menjadi bagian Kementerian Desa. Supaya apa? Supaya clear apa yang menjadi kebutuhan desa tertangani secara sistematis sesuai kebutuhan desa," tutur Wakil Ketua DPR RI itu.

Cak Imin menjelaskan ada dua sektor, yang harus mendapat perhatian perubahan mendasar melalui pembangunan dari bawah. "Pembangunan dari bawah apa itu? Desa pembangunan tidak dari atas tapi dari desa," katanya.

Yang kedua soal kelautan, ia menerangkan lautan Indonesia yang kaya selama puluhan tahun bahkan sejak zaman Bung Karno tidak tersentuh format politik nasional. "Maka ketika reformasi semua isu kelautan dan desa terus menjadi perjuangan," ujarnya.

Pada awal reformasi, kata Cak Imin, salah satu buah perjuangannya berhasil membuat sebuah kementerian baru yang namanya Kementerian Kelautan.

"Karena Gus Dur Presiden dibuat keputusan presiden tentang Kementerian Kelautan, namun sebelum membuat Kementerian Desa Gus Dur jatuh," paparnya.

Meski begitu, lanjut Cak Imin, hal itu tidak mematahkan semangat untuk melanjutkan perjuangan. Ia menyatakan Fraksi PKB di DPR getol memperjuangkan UU Desa hingga kemudian lahir Kementerian Desa.

"Ini yang disebut gerakan politik. Kalau anda ingin mengubah nasib, ingin memperbaiki nasib, nasib masyarakat desa, nasib umat, harus melalui gerakan politik," pungkasnya.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi saat ini adalah Abdul Halim Iskandar yang merupakan kakak dari Cak Imin. Sementara itu, Menteri Pertanian saat ini dijabat Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) yang merupakan kader Partai NasDem. NasDem setuju Kementan dilebur ke Kemendes?

Lihat juga video 'Cak Imin Sebut Semua Koalisi Saat Ini Masih Rawan Bubar':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/gbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT