Panglima TNI: Pangeran Arab Saudi Datang ke Tasyakuran Kaesang-Erina

ADVERTISEMENT

Panglima TNI: Pangeran Arab Saudi Datang ke Tasyakuran Kaesang-Erina

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Minggu, 11 Des 2022 08:57 WIB
Kaesang Pangarep memberikan tanda saranghaeyo jelang kirab dengan Erina Gudono
Foto: dok. Tangkapan layar YouTube Jokowi
Jakarta -

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memantau situasi di depan Puro Mangkunegaran tempat tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono digelar. Andika mengatakan Pangeran dari Arab Saudi datang ke tasyakuran putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.

"Ada pangeran dari Arab Saudi monitor tadi. Sudah mendarat. Nggak tahu undangan yang jam berapa," kata Andika di depan Puro Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022).

Andika tidak merinci apakah pangeran dari Arab Saudi yang dimaksudnya adalah Mohammed bin Salman Al Saud (MBS). Sementara, terkait kedatangan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ), Andika mengaku belum memonitor. Sebagai informasi, sebelumnya MBZ disebut akan datang juga ke tasyakuran Kaesang dan Erina.

"Belum monitor. Nanti saya tanyakan," ujarnya.

Andika turut menjelaskan perihal pengamanan di acara kirab dan tasyakuran pernikahan Kaesang dan Erina hari ini. Dia mengaku telah mengecek kesiapan pengamanan.

"Khusus rute kirab. Rute kirab ini terekspos langsung pada masyrakat sejauh lebih dari 1,75 km hampir 1,8 km. Kita sudah berusaha merencanakan, menggelar beneran, kita cek. Ada yang diperbaiki, sekarang tinggal," tuturnya.

Seperti diketahui, Kaesang Pangarep, resmi menikahi Erina Gudono pada Sabtu (10/12). Kaesang mengucapkan akad nikah dengan lancar.

Usai akad nikah, ada prosesi panggih yang dilakukan. Dalam prosesi ini ada penyerahan pisang sanggan, kembar mayang, balangan gantal, sesuci samparan, mecah tigan, bubak kawah rucat degan, tampa kaya, dhahar klimah, methuk besan, pangabekten/sungkeman hingga bedholan pengantin.

Sebelum akad nikah, serangkaian prosesi juga sudah dilakukan Kaesang dan Erina. Prosesi itu dari semaan Al-Qur'an, pengajian, siraman hingga midodareni.

Simak juga 'Jokowi: Kami Ngunduh Mantu Sekaligus Rawat Kebudayaan':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/taa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT