Sesepuh Erina Serahkan Kancing Gelung ke Kaesang

ADVERTISEMENT

Sesepuh Erina Serahkan Kancing Gelung ke Kaesang

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jumat, 09 Des 2022 20:57 WIB
Kaesang
Foto: dok. screenshoot
Jakarta -

Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, menerima kancing gelung dari keluarga Erina gudono. Kancing gelung diserahkan oleh sesepuh dari Erina Gudono, Abdul Muhaimin, di malam midodareni.

Kaesang menghampiri Abdul Muhaimin lalu menerima kotak serahan kancing gelung. Setelah itu Kaesang kembali duduk di kursi bersama keluarga.

"Tondo pikukuh ngati berupa kancing gelung akan disampaikan oleh Bapak Abdul Muhaimin kepada calon pengantin putra Mas Kaesang Pangarep untuk menerima busono kasatriyan mentaraman," kata pranata acara, Jumat (9/12/2022).

Pranata acara menjelaskan budaya Mataram Islam banyak dibawa ke Yogyakarta. Dia menyebut ageman atau pakaian yang dipakai dari keluarga Kaesang yang berasal dari Surakarta dan juga keluarga Erina dari Yogyakarta berbeda-beda.

"Dalam sejarah kerajaan Islam, dalam perjanjian Gianti 1755 kemudian budaya yang lama dari Mataram Islam banyak di bawa ke Yogyakarta, sementara Surakarta mengembangkan budaya baru. Selaras dengan ageman yang dipakai pada malam ini dari keluarga Surakarta, ngagem beskaplandung dan dari Yogyakarta ngagem surjan serta atela lengkap dengan batik yang berbeda coraknya untuk Surakarta dan Yogyakarta blankon juga berbeda inilah kekayaan budaya Indonesia tercinta," ujarnya.

Disebutkan kancing gelung merupakan simbol kekancingan dari sepuh untuk menuju akad nikah. Selanjutnya ibunda Rina, Sofiatun, menyerahkan angsul-angsul kepada ibunda Kaesang, Iriana.

"Kancing gelung merupakan simbol dari kekancingan pirembagan sepuh untuk menuju upacara suci akad nikah. Maka angsul-angsul adalah wujud dari timban raos tresno di antara dua keluarga yang akan bebedanan," imbuhnya.


Sejumlah prosesi dilakukan di malam midodareni ini. Seperti pasrah, di mana Gibran Rakabuming Raka sebagai juru bicara keluarga Jokowi menyerahkan Kaesang untuk nyantri atau sowan ke keluarga Erina.

Kemudian tampi dan penyerahan peningset, di mana ibunda Kaesang, Iriana Jokowi, menyerahkan peningset atau seserahan secara simbolis. Prosesi akan dilanjutkan dengan pemberian tirta wening dan pembacaan catur wedha atau catur laksita utama oleh Kaesang dan perwakilan keluarga Erina, Abdul Muhaimin.

Acara kemudian dilanjutkan perkenalan kedua keluarga dan tilik nilik. Keluarga Kaesang kemudian akan pamitan dan pihak Erina mendapatkan jawaban.

Selain itu, ada penyerahan kancing gelung di mana sesepuh keluarga Erina menyerahkan ke Kaesang. Serta penyerahan angsul-angsul dari ibunda Erina ke ibunda Kaesang. Angsul-angsul ini berupa kue-kue kering, buah-buahan segar, lauk pauk, dan makanan dari ketan.

Untuk diketahui, malam midodareni ini prosesi sebelum akad nikah digelar. Akad nikah rencananya digelar di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo di Royal Ambarrukmo besok, Sabtu (9/12).

Simak Video: Senyum Merekah Kaesang Pangarep di Malam Midodareni

[Gambas:Video 20detik]




(mae/dek)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT