Gibran Kenalkan Kaesang ke Keluarga Gudono: Slengean tapi Tanggung Jawab

ADVERTISEMENT

Gibran Kenalkan Kaesang ke Keluarga Gudono: Slengean tapi Tanggung Jawab

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jumat, 09 Des 2022 20:10 WIB
Presiden Jokowi beserta rombongan tiba di kediaman Erina di Purwosari. Jokowi akan mengikuti prosesi upacara adat midodareni pernikahan Kaesang-Erina.
Malam Midodareni Kaesang-Erina (Pradita Utama/detikcom)
Yogyakarta -

Gibran Rakabuming Raka memperkenalkan keluarga besar Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke keluarga Gudono saat malam Midodareni. Gibran mengatakan bahwa Kaesang Pangarep memiliki citra yang slengean tapi bertanggung jawab.

"Izin Bapak, Ibu, untuk mengenalkan keluarga besar dari Solo, yang hadir pada malam hari ini ada Bapak (Jokowi), Ibu (Iriana), lalu di belakang sana ada adik ipar saya, Bobby, asli dari Medan, lalu ada adik saya, Kahiyang Ayu, lalu ada istri saya, Selvi Ananda, beserta anak ini namanya, Etes, lalu adiknya, Lembah Manah. Dan, ini namanya Kaesang," kata Gibran di kediaman Erina Gudono, Sleman, Yogyakarta, Jumat (9/12/2022).

Gibran lantas menjelaskan sosok Kaesang. Gibran yakin Kaesang bisa membahagiakan calon istrinya, Erina Gudono.

"Kaesang yang nomor tiga, anaknya memang punya image slengean tapi hatinya baik, bertanggung jawab, punya komitmen yang sangat baik, terutama di dunia kerja, saya yakin nanti ke depan bisa membahagiakan Erina," tutur Gibran.

Gibran menitipkan Kaesang ke keluarga Gudono. Dia juga memohon bimbingan untuk Kaesang.

"Yang jelas saya mau titip adik saya, mohon dibimbing juga dan selebihnya waktu dan tempat saya serahkan kepada Bapak, Ibu keluarga dari Yogya," tutur Gibran.

Sebelumnya, peningset dari Kaesang telah diserahkan kepada keluarga Gudono. Paningset diserahkan oleh Iriana kepada ibunda Erina, Sofiatun Gudono.

Bingkisan dari Kaesang terdiri dari pisang setangkup, perlengkapan busana, jadah dan wajik, serta lainnya.

Sejumlah prosesi akan dilakukan di malam midodareni ini. Seperti pasrah, di mana Gibran Rakabuming Raka sebagai juru bicara keluarga Jokowi menyerahkan Kaesang untuk nyantri atau sowan ke keluarga Erina.

Kemudian tampi dan penyerahan peningset, di mana ibunda Kaesang, Iriana Jokowi, menyerahkan peningset atau seserahan secara simbolis. Prosesi akan dilanjutkan dengan pemberian tirta wening dan pembacaan catur wedha atau catur laksita utama oleh Kaesang dan perwakilan keluarga Erina, Abdul Muhaimin.

Lihat Video: Momen Kaesang-Jokowi Tiba di Kediaman Erina Gudono di Yogyakarta

[Gambas:Video 20detik]




(mae/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT